Artikel Sadabhumi

Terapkan 4 Hal Sederhana Ini untuk Rahasia Awet Muda

Sadabhumi

Kesehatan

26 Apr 2023

Semua orang ingin hidup sehat dan awet muda. Namun, sadarkah kamu bahwa gaya hidup yang kita jalani membuat tubuh cepat tua dan lelah?

Terlalu banyak bekerja, makan makanan cepat saji, dan kurang tidur dapat merusak kesehatan tubuh dan kulit. Padahal, merawat tubuh agar tetap awet muda dapat dilakukan dengan cara sederhana, loh.

Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa diterapkan agar tubuh tetap awet muda.  

1. Olahraga secara teratur

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/a77b5a2c03a7ebb99a0db5ce3e70305a.jpg

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga membantu memperkuat otot dan tulang, meningkatkan sirkulasi darah, serta menurunkan berat badan.

Buat kamu yang belum terbiasa olahraga, coba mulai dengan olahraga ringan terlebih dahulu. Luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk berjalan kaki setiap hari atau melatih gerakan yoga di rumah.

2. Mengonsumsi makanan yang sehat

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/8d2693c714a775b6907014e8f22dc37e.jpg

Rahasia awet muda juga terletak pada makanan yang kita konsumsi. Makanan yang kita konsumsi berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh dan kulit, loh. Upayakan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Kamu bisa menyiapkan sayuran, buah-buahan, ikan, dan kacang-kacangan. Hindari makanan cepat saji dan yang mengandung gula.

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan mineral dengan minum air yang cukup.

3. Tidur yang cukup dan berkualitas

Tidur yang cukup adalah salah satu cara awet muda yang mudah dilakukan. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mempercepat proses penuaan, loh.

Tidur yang cukup bagi orang dewasa adalah sekitar 7-9 jam setiap hari. Hindari begadang apabila tidak diperlukan, ya.

Kamu juga bisa baca di sini untuk cara meningkatkan kualitas tidur.

4. Gunakan produk perawatan kulit

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/36a0c009a97e96e1338ac7ced3d3a08d.jpg

Produk perawatan kulit yang paling penting adalah sunscreen. Kulit yang terpapar sinar matahari dapat merusak kolagen pada kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Pastikan sunscreen memiliki SPF 30 atau lebih untuk proteksi maksimal. Gunakan baik di dalam maupun di luar ruangan untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Kamu juga bisa menyeimbangkan dengan produk perawatan kulit lainnya, atau menggunakan cara alami (baca juga Ini Cara Alami Mendapatkan Kulit Glowing dengan Tanaman Herbal).

5. Hindari stress

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/98db5335995c8e8ba4dae378c44047bb.jpg

Mengalami stress dapat memicu gangguan tidur dan pola makan yang berdampak munculnya penuaan dini pada tubuh dan kulit kita. Oleh sebab itu, upayakan untuk terhindar dari stress.

Ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menghindari stress, misalnya dengan mencoba aktivitas baru, melakukan hobi, atau olahraga sederhana. Terlepas dari usia, penuaan dini dapat terjadi pada siapa saja. Pastikan kamu menerapkan cara-cara sederhana di atas untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini, ya.

Bagikan artikel ini ke keluarga dan teman melalui media sosial atau WhatsApp kalian!

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya