Artikel Sadabhumi

Ingin Memiliki Tidur Berkualitas? Terapkan 3 Hal Ini Sebelum Tidur

Sadabhumi

Kesehatan

26 Apr 2023

Apakah kamu membaca artikel ini saat sebelum tidur melalui smartphone?

Tidak dipungkiri, smartphone merupakan bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Sebagian besar aktivitas saat ini dapat dilakukan berkat smartphone. Bahkan kita mengakses smartphone mulai dari bangun tidur hingga sebelum tidur.

Faktanya, smartphone justru menjadi salah satu faktor kurangnya kualitas tidurmu, loh. Kok bisa?

Smartphone dapat memberikan rangsangan psikologis yang dapat menjadi penghalang bagi tubuh kita untuk tidur. Hal ini terjadi ketika kita melihat konten yang menyenangkan dari smartphone. Cahaya smartphone juga menekan hormon melatonin pada tubuh, akibatnya kita jadi lebih sulit untuk tertidur.

Lantas, bagaimana menyeimbangkan penggunaan smartphone dan memaksimalkan kualitas tidur?

1. Menerapkan jam malam

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/4671dc820edae7867877b222dd7b55ac.jpg

Kamu bisa coba menerapkan “jam malam” untuk penggunaan smartphone. Biasakan untuk melatih diri berhenti menggunakan smartphone 1-2 jam sebelum tidur.

Kamu bisa coba alihkan dengan kegiatan lain yang membantu tubuh untuk rileks sebelum tidur. Misalnya membaca buku atau melakukan gerakan stretching sebelum tidur.

2. Jauhkan smartphone dari jangkauan

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/3502b3b5f86b7ade9c03a5c5d306fe2c.jpg

Jauhkan smartphone, laptop, bahkan televisi dari jangkauan dan tempat tidurmu. Hal ini akan membantu pikiran dan tubuh untuk menyesuaikan dengan kondisimu ketika sudah waktunya untuk tidur.

Upayakan untuk mengatur lingkungan tempat tidurmu agar kondusif dan dalam keadaan tenang. Misalnya, mengurangi pencahayaan pada kamar tidurmu agar tidak terlalu terang. Bantu tubuhmu untuk menyesuaikan jam tidur.

3. Gunakan dark mode

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/7d07b7629c7f41c0150d4e6bbb7d8ad9.jpg

Beberapa orang tidak dapat menghindari untuk mengakses smartphone dengan alasan tertentu.

Apabila kamu terpaksa harus menggunakan smartphone saat malam hari, coba atur filter cahaya atau gunakan dark mode untuk mengurangi jumlah cahaya biru yang dipancarkan dari smartphone-mu.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu upayakan dalam menyeimbangkan penggunaan smartphone agar memiliki tidur yang berkualitas.

Tidur yang berkualitas sangat berpengaruh pada kualitas hidup kita sehari-hari. Oleh sebab itu, penting untuk memerhatikan kualitas tidur kita.

Kamu juga bisa baca artikel 4 Tips Tidur Nyenyak Secara Cepat dan Alami, dan jangan lupa bagikan artikel ini ke keluarga dan teman, ya!

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya