Artikel Sadabhumi

Bermasalah dengan Kulit Kusam? Kenali Ciri dan Penyebabnya!

Sadabhumi

Herbal

27 Oct 2023

Kulit kusam merupakan masalah umum yang dihadapi oleh banyak orang. Terutama kulit wajah yang kusam membuat wajah terlihat tidak sehat dan kurang percaya diri. Kulit kusam memiliki ciri kulit terlihat kering, kurang bercahaya, warna tidak merata, dan terasa kasar saat disentuh. Sebenarnya, apa penyebab kulit menjadi kusam?

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/8fd9c054217fd8d1dfde52afdfd07033.jpg

1. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab kulit terlihat kusam karena sinar UV yang dipancarkan dapat merusak kolagen pada kulit. Hal ini menyebabkan munculnya kerutan dan garis halus, serta merusak melanin yang menyebabkan kulit menjadi kusam.

Pastikan kulit terlindung dari sinar matahari dengan menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30. Aplikasikan pada kulit setiap 2 jam sekali, dan hindari paparan sinar matahari langsung.

2. Kurang minum air

Minum air yang cukup terbukti membantu membuat kulit lebih sehat menurut Jurnal Clinical Cosmetic and Investigational Dermatology (2015).

Air membantu menjaga kelembapan dan kelenturan kulit, serta membantu menghidrasi kulit agar tampak sehat. Kurang minum air dapat menyebabkan kulit kering dan kurang bercahaya.

Apabila kamu memiliki kulit kering, kamu juga bisa gunakan pelembab agar membantu merawat dan melindungi kulit dari risiko kerusakan.

3. Begadang

Siapa sangka kebiasaan begadang juga dapat menyebabkan kulit terlihat kusam? Sistem kekebalan tubuh membentuk kolagen dan keratin saat kita tidur, yang berguna mengencangkan dan menyehatkan kulit.

Kamu yang terbiasa begadang justru menghambat tubuhmu untuk memproduksi kolagen dan keratin. Kulit tidak dapat beregenerasi dengan optimal, alhasil kulit akan tampak tidak segar.

Kamu yang memiliki kebiasaan begadang atau sulit tidur di malam hari juga bisa simak artikel ini.

4. Mengonsumsi makanan manis

Penggemar makanan manis wajib mewaspadai efek yang ditimbulkan pada kulit. Kadar gula yang tinggi dalam makanan manis ternyata memicu kerusakan kolagen pada kulit. Hal ini tentunya berdampak pada kulit yang menjadi kusam dan nampak tua.

Perhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuhmu, terutama kadar gula yang dikonsumsi.

Waspadai juga bahaya lainnya apabila kamu berlebihan mengonsumsi makanan manis melalui artikel ini.

5. Minuman beralkohol

Alkohol memiliki sifat menarik air dari dalam tubuh. Minum minuman beralkohol berlebihan tanpa diimbangi dengan air yang cukup membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Kondisi ini menyebabkan kulit kering dan kusam.

6. Stress berlebihan

Tidak dipungkiri banyaknya aktivitas dan pekerjaan yang harus diselesaikan membuat kita rentan stress. Ternyata, stress menjadi salah satu faktor kulit menjadi kusam terutama pada wajah. Hal ini karena aliran darah ke wajah akan berkurang sehingga membuat kulit nampak kusam.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/ef50401ef30600e60631e6cca9705b09.jpg

Kulit kusam dapat terjadi karena berbagai faktor seperti paparan sinar matahari dan kebiasaan hidup yang buruk. Oleh karena untuk, penting untuk menjaga kulit dari dalam dan luar. Gunakan produk perawatan kulit untuk merawat tubuh dari luar, dan imbangi dengan asupan yang bernutrisi.

Kamu juga bisa menggunakan cara alami untuk mendapatkan kulit sehat dan bercahaya dengan Sadabhumi Glow. Seri jamu ini adalah seri jamu Sadabhumi yang berfungsi untuk menutrisi kulit dari dalam sehingga kulit bisa lebih sehat.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya