Artikel Sadabhumi

4 Tips Tidur Nyenyak Secara Cepat dan Alami

Sadabhumi

Kesehatan

26 Apr 2023

Memiliki kualitas tidur yang baik merupakan hal penting bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Tidur yang nyenyak di malam hari mampu membantu tubuh kita beraktivitas secara produktif.

Kualitas tidur yang kurang membuat tubuh cepat lelah, sulit berkonsentrasi, bahkan meningkatkan risiko penyakit kesehatan lainnya.

Lalu, bagaimana cara alami memiliki tidur yang nyenyak? Simak beberapa tips berikut.

1. Hindari penggunaan alat elektronik sebelum tidur

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/117440290f5fedf9299682cb55e12e14.jpg

Atur penggunaan alat elektronik seperti laptop, tablet, atau smartphone sebelum tidur. Cahaya dari alat elektronik menurunkan produksi hormon melatonin yang membuat sulit tertidur.

Matikan dan jauhkan dari jangkauan sekitar 1 – 2 jam sebelum tidur. Sebaliknya, lakukan aktivitas lain seperti relaksasi atau membaca buku.

2. Atur jam tidur agar tetap sama setiap malam

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/0247bf356e850492fdf7655ee525b5c7.jpg

Terapkan jam tidur yang konsisten setiap malam. Tubuh manusia memiliki jam internal yang dikenal sebagai ritme sirkadian. Jam internal ini mengatur siklus tidur dan bangun secara alami.

Menerapkan jam tidur yang konsisten membantu menjaga jam alami tubuh agar memiliki kualitas tidur yang tetap terjaga dengan baik.

3. Melakukan teknik relaksasi sebelum tidur

Coba lakukan aktivitas relaksasi yang dapat membantu tubuh dan pikiran tetap rileks. Ada beberapa aktivitas relaksasi yang dapat dilakukan di rumah, seperti meditasi atau yoga. Pikiran yang berada dalam kondisi rileks membantu tubuh cepat tertidur secara alami.

4. Hindari konsumsi makanan berlemak atau minuman berkafein

Mengonsumsi makanan berlemak atau minuman berkafein membuat sulit tidur pada malam hari karena tubuh harus bekerja secara ekstra memecah lemak. Beberapa orang juga memilih menggunakan obat tidur agar tidur lebih cepat. Namun, penggunaan obat tidur memiliki efek samping seperti ketergantungan dan penurunan kinerja motorik.

Alih-alih mengonsumsi obat tidur, kamu dapat mempertimbangkan alternatif tradisional seperti konsumsi ramuan herbal. Beberapa ramuan herbal dipercaya dapat membantu tidur lebih nyenyak. Misalnya Sadabhumi Moon, campuran 12 ramuan herbal yang diracik oleh tim medis Sadabhumi khusus untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stress, memelihara daya tahan tubuh, dan meredakan rasa letih.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/dcc5ac89ed945713559b9bd3238b9e23.jpg

Apabila kamu mengalami kesulitan tidur nyenyak dan ingin mengonsumsi Sadabhumi Moon, konsultasikan ke Sadabhumi Official melalui WhatsApp Sadabhumi.

Cek Sadabhumi Moon dan produk Sadabhumi lainnya di website sadabhumi.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya