Artikel Sadabhumi

7 Aktivitas untuk Membantu Mengurangi Stress

Sadabhumi

Kesehatan

22 Jan 2024

Stress merupakan kondisi yang memengaruhi kesehatan mental dan fisik. Jika tidak ditangani dengan baik, stress dapat berdampak buruk pada kesehatan kita secara keseluruhan. Ketidakseimbangan kesehatan mental dan fisik membuat kita sulit mencapai kesehatan holistik.

Stress harus dikelola untuk mengurangi dampaknya. Maka, ini dia rekomendasi aktivitas yang dapat membantu mengurangi stress.

1. Journaling

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/fa6b9e1f440d9bf88b70ec13b1a399b7.png

Journaling merupakan aktivitas menulis isi pikiran dan perasaan secara terbuka untuk membantu kita memahami masalah lebih baik dan menemukan solusi yang lebih jelas. Biasanya journaling dilakukan di atas kertas dengan tulisan tangan. Setelah selesai, hancurkan kertas tersebut.

2. Decluttering

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/3ad15b0b94eafe0d748c92de1d9707f7.png

Decluttering atau kegiatan untuk menyortir barang-barang yang lama tidak terpakai. Kamu bisa menggunakan metode Danshari atau metode lainnya yang kamu sukai. Bukan hanya barang fisik yang perlu disingkirkan, namun juga digital cluttering isi ponsel atau laptop yang sudah penuh dengan dokumen. Decluttering secara neurosains mampu membuat otak bekerja lebih efektif dan kreatif. Decluttering perlu dilakukan secara berkala supaya kita tetap fokus dengan hal penting dalam hidup kita.

3. Berolahraga

Olahraga memang dapat menurunkan stress dengan meningkatkan produksi hormon endorphin dalam tubuh. Rutin berolahraga setidaknya 3-4 kali dalam seminggu selama 30 menit terbukti mampu membuat suasana hati lebih stabil dan meningkatkan konsentrasi. Bonusnya, badan jadi bagus dan terawat.

4. Menonton film

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/de5c3615e429ac71aafad23be20befa0.png

Kepadatan aktivitas sehari-hari mungkin membuat kita terlalu sibuk untuk tetap stay update dengan film-film terbaru. Sisihkan sedikit waktu untuk bersantai dan menonton film yang sudah lama ingin kamu tonton. Menonton film dapat membantu kita mengalihkan pikiran dari hal yang membuat stress.

5. Merawat tubuh

Kamu bisa melakukan aktivitas merawat tubuh dengan mandi air hangat, pijat, hingga memakai skincare dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Bonusnya, kulit jadi sehat dan glowing.

6. Bertemu teman dan keluarga

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/f08f9918bba23b7af0205200bee3f9c8.png

Menghabiskan waktu dan berinteraksi dengan orang-orang terdekat dapat membantu kita mengurangi stress dan meningkatkan suasana hati. Kamu bisa membuat kegiatan bersama seperti bermain game, makan, atau jalan-jalan.

7. Liburan singkat

Kamu bisa pergi liburan singkat atau jalan ke tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi untuk melepas penat. Jika waktumu terbatas, mungkin bisa coba dengan kulineran, mendatangi café-café baru, atau refreshing ke tempat terbuka.

Ada banyak aktivitas untuk dapat membantu kita mengurangi stress dan penat. Jangan biarkan stress menumpuk berlarut-larut di pikiran hingga memengaruhi kesehatan mental dan fisik. Cari aktivitas dan bertemu dengan teman diharapkan bisa membantu.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya