Artikel Kesehatan Holistik

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dan Jiwa

Sadabhumi

Kesehatan

02 Oct 2023

Apakah kamu merasa sudah sehat secara fisik? Bagaimana dengan mental dan jiwa?

Sering kali seseorang hanya memerhatikan salah satu aspek kesehatan saja. Padahal, sehat bukan hanya soal fisik, namun juga sehat secara mental dan jiwa. Kesehatan mental dan jiwa yang baik memungkinkan seseorang untuk menjalani hidup yang bahagia, produktif, dan seimbang.

Kesehatan secara menyeluruh mulai dari fisik, mental, dan jiwa untuk mencapai keseimbangan hidup ini merupakan kondisi sehat secara holistik.

Kesehatan Mental dan Jiwa, Apa Bedanya?

Kesehatan mental adalah kondisi emosional, psikologis, dan sosial seseorang. Ada berbagai faktor yang dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang. Misalnya, faktor lingkungan sosial, stress, atau trauma. Tanda-tanda kesehatan mental yang buruk biasanya termasuk depresi dan kecemasan.

Kesehatan mental juga merupakan keadaan dimana seseorang dapat menghadapi masalah-masalah dalam hidupnya, memiliki kepuasan dalam hidup sosial, dan bahagia dalam hidup.

Kesehatan jiwa berkaitan dengan keyakinan, nilai, dan spiritualitas seseorang. Seseorang yang memiliki kesehatan jiwa yang baik biasanya menemukan makna dan tujuan dalam hidup, merasa terhubung dengan sesama manusia dan alam.

Bagaimana Merawat Kesehatan Mental dan Jiwa?

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/52a374ea70f6c80144142095d08ed258.jpg

Penting untuk mengenali tanda-tanda bahwa kita membutuhkan bantuan profesional. Jangan ragu untuk mencari bantuan professional jika kamu merasa mengalami kesulitan dalam mengatasi masalah emosional atau psikologis. Cobalah untuk menyeimbangkan waktu antara bekerja, melakukan hobi, dan berinteraksi dengan orang terdekat untuk merawat kesehatan mentalmu.

Cari cara untuk merawat kesehatan jiwa dengan berdoa, meditasi, atau terlibat dalam kegiatan yang memberikan makna dan tujuan dalam hidup, misalnya kegiatan volunteer. Jangan lupa untuk mengimbangi kesehatan mental dan jiwa dengan fisik. Makan makanan yang sehat, olahraga secara teratur, dan penuhi kebutuhan istirahat secara cukup.

Fisik, mental, dan jiwa kita saling terkait satu sama lain. Ketika satu bagian dalam kondisi yang tidak baik, maka aspek lainnya akan ikut merasakan dampaknya. Sehat tidak hanya soal fisik, tetapi juga mental dan jiwa. Kesehatan mental dan jiwa yang baik memungkinkan kita untuk menjalani hidup yang bahagia, bermakna, dan seimbang.

Jadi, sudahkah kamu memerhatikan kesehatan fisik, mental, dan jiwamu? Jika kamu menyukai membaca artikel tentang gaya hidup, baca juga artikel Sadabhumi lainnya di sini.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya