Artikel Sadabhumi

Cara Hidup Lebih Bahagia dengan Menerapkan Metode Danshari

Dandy

Kesehatan

05 Jun 2023

Apakah kamu pernah merasa kewalahan dengan banyaknya barang di rumahmu? Alhasil, kamu jadi stress sendiri.

Mari berkenalan dengan Danshari, sebuah konsep dari Jepang yang mengajarkan bagaimana cara menyederhanakan hidup dengan melepaskan hal-hal yang tidak lagi diperlukan, sehingga kamu dapat lebih bahagia dengan ruang yang rapi.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/5699b7ab627cbc719f2fe5fa9a369343.jpg

Prinsip Danshari merupakan gabungan dari tiga kata yaitu dan yang berarti menolak, sha berarti membuang, dan ri berarti memiashkan. Berikut teknik penerapannya dalam sehari-hari.

1. Menolak hal yang tidak diperlukan

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/20eab05df0e95c910b93e357af03f2db.jpg

Prinsip pertama dari kata dan yang berarti menolak. Sedari awal kita perlu jujur dengan kebutuhan kita sendiri, hingga berani menolak untuk membawa sesuatu yang sebenarnya tidak kita perlukan.

Beli dan gunakan barang sesuai kebutuhan. Cek kembali apakah barang tersebut merupakan keinginan atau kebutuhan, dan apakah barang tersebut sudah kita miliki. Melalui cara ini, kita menghindari konsumerisme dan mengoptimalkan apa yang kita miliki.

2. Menyingkirkan barang yang tidak diperlukan

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/04de7fef88063f79d843e601529cea43.jpg

Langkah berikutnya cobalah telaah lagi barang yang diperlukan. Contoh sederhananya adalah pakaian. Kamu bisa menerapkan kriteria misalnya pakaian yang tidak pernah dipakai selama 1 tahun, atau pakaian yang pernah kamu beli tapi ternyata tidak kamu sukai.

Tentukan dengan hati-hati, kamu bisa menyimpan barang-barang yang masih memberikan emosi positif bagi dirimu dan melepaskan barang yang tidak lagi memiliki nilai untukmu.

3. Memisahkan diri dari kemelakatan terhadap benda

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/40d7e0e7b41c06802f75d6f63b605d3b.jpg

Langkah terakhir yaitu berupaya untuk melepaskan diri dari kemelekatan diri terhadap harta dan benda yang dimiliki.

Ingatlah bahwa semakin banyak yang kamu miliki, semakin perhatikan yang kamu miliki untuk hal yang paling penting – melepaskan berarti membebaskan. Hargai apa yang dimiliki tetapi jangan terikat. Jika barang milikmu rusak atau hilang, lepaskan saja.

Menerapkan metode danshari memberikan manfaat bagi kehidupanmu secara keseluruhan. Mulai dari meningkatkan efisiensi agar lebih mudah dalam menemukan barang yang dibutuhkan, hingga menurunkan stress karena ruangan menjadi lebih rapih dan tertata.

Belajar mengurangi apa yang kamu miliki dan mengadopsi gaya hidup minimalis memang terasa sulit dilakukan di awal. Melalui tiga prinsip metode danshari ini diharapkan dapat membantu kamu dalam memulai hidup minimalis.

Jadi, gimana? Sudah siap bebersih rumah dengan metode danshari akhir pekan ini?

Coba ajak keluarga, saudara, atau teman untuk menerapkan danshari bersama. Bagikan artikel ini melalui media sosial yang kamu punya, ya. Baca juga artikel Sadabhumi lainnya di [Insert Link].

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya