Artikel Kesehatan Holistik

Waspada, Ini Dia 4 Dampak Buruk Duduk Terlalu Lama

Dandy

Kesehatan

11 Jul 2023

Sadarkah kamu, duduk lebih dari 6 jam sehari dapat merusak tubuh dan kesehatan? Duduk terlalu lama menjadi kebiasaan buruk yang tidak disadari banyak orang. Terlebih jika tidak disertai dengan postur yang benar dan latihan fisik yang rutin. Ini beberapa dampak buruk duduk terlalu lama yang perlu kamu ketahui dan waspadai.

1. Merusak postur tubuh

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/2717994e2ba6e24afab5b160dcd375ea.jpg

Duduk terlalu lama dapat merusak postur tubuh, terutama pada bagian punggung dan leher. Posisi tubuh yang tidak ideal saat duduk memicu masalah kesehatan tulang seperti lordosis hingga skoliosis.

2. Meningkatkan risiko obesitas

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/249ec348a2f8994719ad1dceee621925.jpg

Duduk terlalu lama dapat memicu obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini dapat terjadi apabila terlalu lama duduk tidak diimbangi dengan aktivitas tubuh, sehingga kalori yang masuk dalam tubuh tidak terbakar.

3. Menyebabkan sakit pinggang

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/495d9d631c9a11476827561ba51f3b61.jpg

Apakah kamu sering merasa sakit pinggang? Ternyata, duduk terlalu lama dapat menjadi penyebab munculnya rasa sakit di pinggang akibat tekanan terus menerus selama duduk. Beban tubuh saat duduk pada posisi yang salah membuat tulang belakang, otot, dan sendi menjadi tegang sehingga memicu timbulnya rasa sakit tersebut.

4. Memicu masalah mental

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/929f5dde0052156e4d7c490cc46fa583.jpg

Siapa sangka duduk terlalu lama dapat memicu masalah mental? Duduk terlalu lama dapat cenderung membuat kita merasa lesu dan sulit fokus, sehingga memicu penurunan kinerja otak dan daya ingat. Hal inilah yang menyebabkan masalah mental seperti depresi dan stress muncul.

Itu dia beberapa dampak buruk akibat duduk terlalu lama yang perlu kamu waspadai. Agar tubuh tetap sehat, imbangi dengan aktivitas fisik seperti berjalan kaki dan olahraga ringan. Kamu juga bisa selingi beberapa menit untuk melakukan peregangan agar otot tidak kaku.

Kamu bisa cari tahu cara menjaga postur tubuh agar terhindar dari dampak buruk duduk terlalu lama melalui artikel ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke keluarga, saudara, dan teman agar saling waspada kebiasaan buruk ini ya. Baca juga artikel lainnya dari Sadabhumi di sini.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya