Artikel Sadabhumi

Sering Merasa Sakit Punggung? Ternyata Ini Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Dandy

Kesehatan

15 May 2023

Pernahkah kamu merasa sakit pada bagian pungung setelah duduk dalam waktu yang lama?

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/e74e3ba4554240fc2bbaa71bc2cd3fe2.jpg

Sakit punggung yang dirasakan mungkin disebabkan oleh postur tubuh yang buruk saat duduk, loh. Posisi dan postur tubuh saat duduk sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan kesehatan tulang belakang dan tubuh secara keseluruhan.

Sakit punggung yang dirasakan kerap mengganggu jalannya aktivitas. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

1. Melakukan aktivitas fisik yang teratur

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/22002a794b5d733f2a1dc8b51ddc5a08.jpg

Aktivitas fisik secara teratur dapat membuat punggung lebih kuat untuk mengurangi nyeri. Lakukan aktivitas fisik yang melatih otot perut, punggung, dan panggul. Latihan sederhana yang bisa kamu terapkan contohnya plank dan sit-up. Jangan ragu untuk bertanya pada pelatih fisik untuk teknik yang tepat, ya. Hal ini untuk menghindari cedera saat melakukan latihan.

2. Mempertahankan postur tubuh yang tegap

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/06fa820e5ea4a44020c2a2adab723337.jpg

Perhatikan postur tubuhmu ketika duduk, berdiri, maupun berjalan. Kita cenderung membungkuk ke depan atau ke belakang. Postur membungkuk membuat tulang punggung tidak sejajar dan menyebabkan nyeri.

Apabila kamu sering bekerja di depan laptop, tempatkan monitor sejajar dengan mata untuk memperbaiki postur saat duduk. Pastikan lutut sejajar dengan pinggul, dan kaki menapak pada lantai.

Kamu juga bisa pasang pengingat di smartphone atau di meja kerja untuk membantumu mempertahankan postur tubuh, loh.

3. Beristirahat secara berkala

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/bf86fa25b15517826cae319618b015b5.jpg

Bangun dari tempat duduk sesekali untuk melakukan peregangan pada tubuhmu. Luangkan waktu 1-2 menit untuk melakukan peregangan dari kepala hingga kaki. 1-2 menit setiap jam dapat berdampak besar pada kesehatan tulang punggungmu. Tidak hanya kesehatan punggung, melakukan peregangan juga bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan. Cari tahu manfaat melakukan peregangan pada artikel ini.

Kamu juga bisa jalan-jalan santai di sekitar kantor. Selain baik untuk kesehatan punggung, hal ini juga baik untuk kesehatan mental agar tidak terlalu stress dan lelah.

Itu dia beberapa cara mengatasi sakit punggung yang bisa diterapkan di sela-sela kesibukan. Jika kamu menghabiskan setiap hari untuk bekerja di depan layar, melakukan cara-cara tersebut sangat membantu melindungi punggungmu.

Apabila keluhan sakit punggung sangat mengganggu keseharian, jangan ragu untuk segera konsultasikan ke dokter dan dapatkan pengobatan yang tepat, ya. Kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman, saudara, dan keluarga melalui media sosial. Baca juga artikel lainnya di sini.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya