Artikel Sadabhumi

Wajib Dilakukan, Ini Dia 5 Manfaat Stretching bagi Tubuh

Dandy

Kesehatan

15 May 2023

Apakah kamu sering merasa pegal-pegal di titik tertentu pada tubuh? Misalnya di leher, pundak, atau punggung.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/0006113ab90898eb2d29dc66ff9ba277.jpg

Terlebih buat kamu yang terlalu lama bekerja di depan layar ataupun yang menerapkan work from home. Tubuh yang kurang bergerak maupun posisi yang keliru menyebabkan rasa pegal tersebut muncul.

Salah satu cara mengurangi munculnya rasa pegal itu adalah dengan melakukan peregangan atau stretching. Stretching perlu dilakukan di sela-sela kegiatan dengan melakukan sedikit gerakan pemanasan bagi tubuh.

Manfaat stretching tidak hanya untuk mengurangi pegal-pegal, loh. Berikut beberapa manfaat stretching agar kamu lebih sering menerapkannya.

1. Membantu mengurangi stress

Mungkin beberapa dari kamu pernah merasakan nyeri kepala ataupun otot bahu dan leher yang terasa tegang saat stress. Ternyata, hal itu merupakan salah satu reaksi tubuh terhadap stress.

Gerakan stretching membantu otot yang tegang agar kembali relaks sekaligus mengurangi stress, loh. Coba lakukan gerakan stretching 5-10 menit di sela-sela pekerjaanmu, ya.

2. Memperbaiki postur tubuh

Terlalu fokus pada pekerjaan terkadang membuat kita luput memerhatikan postur tubuh. Sering kali postur tubuh kita perlahan menjadi membungkuk. Hal ini tentunya dapat memengaruhi saraf, aliran darah, dan otot.

Stretching membantu memperbaiki kembali postur tubuh agar kembali ke posisi yang ideal. Selain itu, cobalah untuk mempertahankan postur tubuh yang optimal untuk menjaga kesehatan tulang belakangmu, ya.

3. Mempertahankan fleksibilitas tubuh

Stretching dapat membantu meregangkan otot yang kaku dan mempertahankan fleksibilitas tubuh. Otot tubuh yang fleksibel akan membantu kita melakukan aktivitas dan gerakan lebih leluasa.

Kamu juga bisa melakukan yoga dan pilates untuk melatih fleksibilitas otot tubuh, loh. Selain itu kamu bisa menambah insight melakukan gerakan stretching dari berlatih yoga dan pilates.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Stretching membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sirkulasi darah yang lancar akan membantu sel-sel dalam tubuh mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang cukup. Hal ini tentunya akan berdampak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Meningkatkan kesehatan otot dan sendi

Melakukan stretching tentunya bermanfaat bagi kesehatan otot dan sendi. Stretching membantu mengurangi risiko terjadinya cedera pada otot dan sendi, sekaligus mengurangi ketegangan.

Otot dan sendi yang terlalu tegang tentunya menimbulkan ketidaknyamanan dalam beraktivitas sehari-hari. Hal ini juga berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/b04fff1f28301d1f0358a29c26d68fa5.jpg

Itu dia beberapa manfaat yang dirasakan dari rutin melakukan stretching. Menjaga kesehatan otot tubuh sangat penting dan berdampak pada tubuh secara keseluruhan.

Jangan lupa untuk melakukan stretching secara teratur dan dengan teknik yang benar, ya. Selain stretching, kamu juga bisa melakukan yoga dan pilates untuk merawat kesehatan otot tubuh.

Bagikan artikel ini ke keluarga, saudara, atau teman agar semakin banyak yang mengetahui manfaat stretching dan menerapkannya!

Baca juga artikel lainnya di sini

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya