Artikel Sadabhumi

Latihan Fisik Sederhana di Rumah, Mudah dan Tanpa Alat

Dandy

Kesehatan

05 Jun 2023

Olahraga adalah bagian penting dari memulai gaya hidup sehat. Kabar baiknya, olahraga dapat dilakukan di mana saja. Olahraga di rumah dapat dijadikan alternatif apabila kamu tidak memiliki waktu luang untuk pergi ke gym.

Tanpa alat-alat seperti di tempat gym, ada beberapa gerakan olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk membantu kamu menjaga tubuh agar tetap fit.

Berikut beberapa olahraga ringan di rumah yang bisa langsung dicoba.

1. Latihan kardio

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/0567b884fbc0c7656eecc9342d74437f.jpg

Latihan kardio adalah latihan yang bertujuan menguatkan jantung dan pernapasan. Salah satu latihan kardio yang bisa dilakukan di rumah adalah lari di tempat.

Caranya, berdiri tegak dengan kedua kaki terbuka selebar pundak. Pastikan panggul dalam kondisi lurus, angkat lutut hingga setara pinggang dan berlari di tempat selama 30 detik hingga 1 menit. Ulangi selama 5 hingga 10 menit.

Selain lari di tempat, kamu juga bisa mencoba lompat tali. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai latihan ini.

2. Latihan kekuatan

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/2755cb4a9859eadf35a9a1a3c2571033.jpg

Latihan kekuatan bisa kamu lakukan jika ingin memperkuat otot-otot tubuh. Contoh latihan kekuatan yang bisa kamu lakukan di rumah seperti push up.

Push up bisa dilakukan tanpa alat. Cara melakukannya dengan meletakkan kedua tangan di permukaan yang datar. Angkat tubuh dan tekuk siku hingga dada hampir menyentuh lantai, kemudian dorong tubuh ke atas. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali.

Selain push up, ada banyak latihan kekuatan lainnya yang bisa dilakukan. Misalnya sit up dan plank.

3. Latihan kelenturan

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/63f4f1193e1a62d8b33c6974d687646f.jpg

Latihan kelenturan bermanfaat untuk meningkatkan fleksibiltas otot dan sendi tubuh. Latihan kelenturan yang bisa dilakukan di rumah adalah stretching. Kamu juga bisa mencoba yoga atau pilates dengan mengikuti arahan dari YouTube.

Latihan kelenturan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa di antaranya bisa kamu baca melalui artikel ini.

Latihan fisik dan olahraga sederhana di rumah bisa membantu kita untuk tetap aktif dan sehat. Latihan kardio, kekuatan, dan kelenturan adalah jenis latihan yang bisa dilakukan dengan mudah, sederhana, dan tanpa alat di rumah.

Latihan fisik dan olahraga juga membantu meningkatkan kesehatan mental dan memperbaiki mood, loh. Jangan lupa lakukan pemanasan sebelum memulai latihan agar terhindar dari cedera.

Share artikel ini ke keluarga, saudara, atau teman melalui media sosial. Baca juga artikel lainnya di sini.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya