Artikel Sadabhumi

Ini 3 Hal yang Harus Diperhatikan saat Konsumsi Ramuan Herbal

Sadabhumi

Herbal

26 Apr 2023

Ramuan herbal telah dijadikan pengobatan alternatif secara turun temurun. Hal ini karena ada banyak tanaman herbal yang terbukti bermanfaat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Meski telah terbukti khasiat dari ramuan herbal dalam mengobati berbagai penyakit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan mengonsumsi ramuan herbal. Berikut beberapa hal tersebut.

1. Memastikan jenis tanaman herbal yang digunakan

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/3a9c606e526d1e95d11180cfaae5f744.jpg

Sebelum mengolah ramuan herbal agar dapat dikonsumsi, pastikan jenis tanaman herbal yang digunakan sudah tepat. Jangan sampai salah mengira tanaman herbal yang digunakan, sering kali beberapa tanaman herbal memiliki kemiripan satu sama lain sehingga salah identifikasi. Hal ini dapat berakibat pada efek samping yang buruk untuk tubuh.

Misalnya, tanaman lempuyang wangi dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol dan mengatasi peradangan. Sedangkan, tanaman lempuyang gajah yang berasal dari satu keluarga tanaman justru dapat menggemukkan.

Kemiripan keduanya berpotensi salah identifikasi dan memberikan efek yang lain pada tubuh.

2. Memperhatikan kualitas dan higienitas pengelolaan ramuan

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/53f5755e074a8f682ea0ca396d660ee2.jpg

Sebelum mengonsumsi ramuan herbal, pastikan pengelolaannya dilakukan secara higienis. Upayakan untuk mengelola sendiri ramuan herbal di rumah, sehingga dapat dipastikan kualitas dan higienitasnya. Higienitas berpengaruh pada efek kesehatan yang dihasilkan.

Agar higienitas ramuan herbal terjamin, lihat juga cara menyimpan ramuan herbal di artikel ini.

3. Memperhatikan konsumsi sesuai kebutuhan

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/a200d3475fc92cf9225a96e02530856a.jpg

Ramuan herbal yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan alih-alih mengatasi masalah.

Penting untuk mengetahui takaran yang tepat dalam mengonsumsi ramuan herbal. Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli sebelum memutuskan untuk menggunakan ramuan herbal sebagai alternatif pengobatan.

Itu dia hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi ramuan herbal untuk mengatasi masalah kesehatan. Ramuan herbal yang dikonsumsi secara teratur dan benar dapat membantu meningkatkan kesehatan dengan cara yang alami. Sadabhumi menyediakan tes personalisasi di halaman ini bagi kamu yang ingin mendapatkan ramuan herbal terpersonalisasi. Ramuan herbal personalisasi diracik oleh dokter dan tim Herbalis Sadabhumi.

Bagikan artikel ini ke WhatsApp dan media sosial lainnya, ya!

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya