Artikel Sadabhumi

Pro Tips Menyimpan Ramuan Herbal Agar Tahan Lama

Sadabhumi

Produk

26 Apr 2023

Ramuan herbal merupakan alternatif alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Beberapa ramuan herbal mudah ditemukan dan dapat diolah sendiri di rumah. Ramuan herbal biasanya tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama karena merupakan bahan alami.

Ternyata, ada beberapa cara menyimpan ramuan herbal agar tahan lama. Simak tips berikut untuk tahu caranya!

1. Simpan di wadah kaca yang kedap udara

Menyimpan ramuan herbal di wadah kaca sangat direkomendasikan karena mampu menjaga kualitas dari ramuan herbal itu sendiri.

Jika diperhatikan, banyak pedagang jamu yang menyimpan ramuannya dalam botol kaca. Sebaliknya, menyimpan di wadah plastik terlalu lama berpotensi mengontaminasi ramuan, mengubah rasa dan aroma. Pastikan wadah kaca yang dipilih dapat tertutup rapat dan kedap udara, untuk menghindari kontaminasi ramuan herbal melalui udara.

2. Simpan di kulkas

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/5177fdf3a9570600e22155031f908f28.jpg

Menyimpan ramuan herbal di kulkas membantu memperpanjang umur simpan ramuan herbal. Cara penyimpanan ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin ramuan herbal dapat bertahan lebih lama.

Saat menyimpan di kulkas, pastikan tidak ada bahan makanan atau minuman lain yang beraroma kuat seperti terasi atau ebi kering. Aroma dari makanan lain dapat memengaruhi kualitas dari ramuan herbal itu sendiri.

3. Simpan di tempat yang sejuk dan kering

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/7a56476181dca2ca6bd40c7520708422.jpg

Menyimpan ramuan herbal di suhu ruang juga dapat dilakukan, namun pastikan penyimpanan terhindar dari paparan sinar matahari.

Tempatkan wadah penyimpanan di tempat yang sejuk dan kering. Ramuan herbal yang terkena paparan sinar matahari membuat kualitasnya menurun. Disarankan suhu ruang tidak lebih dari 30 derajat celcius.

  1. Menghindari tempat penyimpanan yang lembap

Meskipun dianjurkan untuk menyimpan di tempat yang sejuk, namun tidak disarankan untuk menyimpan ramuan herbal di tempat yang lembap. Ramuan herbal yang disimpan di tempat lembap rentan tumbuh tunas.

Itu dia beberapa cara menyimpan ramuan herbal agar dapat bertahan lama. Media penyimpanan, suhu ruang, kelembapan, dan paparan sinar matahari sangat memengaruhi masa penyimpanan.

Pastikan ramuan herbal tidak berubah warna, rasa, dan aroma, serta tidak ditumbuhi jamur. Jangan dikonsumsi lebih lanjut jika terdapat perubahan pada ramuan herbal.

Semua produk Sadabhumi sendiri dapat disimpan hingga maksimal tiga bulan apabila di simpan di kulkas dan memerhatikan suhu ruang. Sadabhumi terbuat dari bahan alami tanpa pengawet.

Cek produk tematik Sadabhumi atau ikuti tes personalisasi di website sadabhumi.com untuk mendapatkan racikanmu sendiri dari Apoteker Sadabhumi.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya