Artikel Sadabhumi

4 Cara Mengatasi Gejala PMS yang Mengganggu

Sadabhumi

Kesehatan

27 Oct 2023

Premenstrual Syndrome (PMS) merupakan kondisi umum yang dialami banyak wanita ketika akan mengalami menstruasi. Penyebab gejala PMS diduga karena perubahan hormon estrogen menjelang dan selama menstruasi.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/125f1aa1fd41b120a82eceedb13edecd.jpg

Biasanya wanita akan mengalami gejala yang membuat tidak nyaman seperti perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut. Beberapa wanita mengalami gejala yang berat hingga mengganggu aktivitas.

Beberapa keluhan gejala PMS dapat diatasi dengan berbagai cara sederhana. Simak cara-caranya berikut.

  1. Mengonsumsi makanan berkarbohidrat

Makanan berkarbohidrat kompleks seperti roti gandum, beras merah, kentang, dan kacang-kacangan membantu mengatasi nafsu makan yang meningkat selama gejala PMS. Agar tidak berlebihan, atur pola konsumsinya dengan porsi yang sedikit namun sering.

Mengonsumsi makanan yang kaya kalsium dan vitamin B6 juga dapat membantu mengatasi gejala PMS seperti perut kembung, payudara nyeri, dan perubahan suasana hati. Kalsium dapat diperoleh dari sayuran hijau, susu, ikan salmon, atau suplemen.

  1. Berolahraga

Berolahraga membantu tubuh mengeluarkan hormon endorphin yang membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi rasa sakit akibat PMS. Kamu bisa memilih olahraga yang ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau bisa juga dengan yoga.

  1. Beristirahat cukup

Kurang tidur membuat tubuh terasa lelah, mudah cemas, dan suasana hati tidak stabil. Terlebih saat PMS gejala tersebut akan semakin terasa. Oleh sebab itu, cukupi waktu istirahat setidaknya 7-8 jam setiap malam.

Kamu bisa cari tahu Tips Tidur Nyenyak Secara Alami untuk cara-cara mendapatkan tidur berkualitas.

  1. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Konsumsi obat pereda nyeri selama gejala PMS menjadi alternatif apabila cara-cara tersebut tidak efektif, terlebih jika gejala PMS dirasa berat hingga mengganggu aktivitas.

Kamu bisa mendapatkan obat pereda nyeri dengan mudah di pasaran, atau menggunakan alternatif bahan alami seperti jamu atau ramuan herbal. Sadabhumi memiliki Sadabhumi Lady, ramuan herbal untuk mengatasi gejala PMS dan meredakan nyeri akibat menstruasi.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/f15f497e1341d26608e2d22d2a99b594.jpg

Mengenali gejala PMS tentunya membantu kita mengetahui tanda menstruasi akan segera datang. Kenali tubuh kita dengan lebih baik juga membantu kita mengatasi gejala PMS yang parah. Jika gejala tidak mereda, jangan ragu untuk lakukan pemeriksaan.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya