Artikel Sadabhumi

Zen Living: Cara Hidup Sederhana, Tenang, dan Bahagia

Dandy

Kesehatan

05 Jun 2023

Zen living adalah suatu cara hidup yang menekankan pada kesederhanaan, ketenangan, dan kebahagiaan yang didasarkan pada ajaran Buddhisme Zen.

Cara hidup Zen dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan mempraktikkan beberapa perubahan kecil dalam rutinitas dan pola pikir. Berikut beberapa cara untuk menerapkan zen living agar hidup lebih tenang dan bahagia.

1. Berlatih meditasi

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/890dc0ab77e76c34fddfc24455336bf0.jpg

Meditasi merupakan cara efektif untuk melatih ketenangan pikiran. Meditasi dalam praktik Zen bertujuan untuk menyelaraskan pernapasan, tubuh, dan pikiran.

Kamu bisa mulai dengan melakukan meditasi selama 10-15 menit setiap hari. Cari tempat yang nyaman dan fokuskan perhatian pada pernapasan. Latihan meditasi setiap hari akan membantu meningkatkan fokus.

2. Buang barang yang tidak diperlukan

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/190747d62be43bd06c214afaab555254.jpg

Zen living juga mengajarkan kita untuk hidup secara sederhana. Salah satu cara untuk mencapai kesederhanaan itu dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi diperlukan. Jangan biarkan barang-barang tersebut mengambil tempat dan energi di ruanganmu.

Kamu bisa mencoba metode Danshari [Insert link artikel Sadabhumi metode Danshari] untuk membantumu memilah dan menyingkirkan barang yang kamu perlukan dan tidak perlukan.

3. Hidup di saat ini

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/e31d72060972bfff49a2bbad76d0cebf.jpg

Salah satu aspek penting dari zen living adalah hidup di saat ini. Jangan biarkan pikiran terjebak pada masa lalu atau khawatir berlebih tentang masa depan. Fokuskan perhatian di saat ini dan nikmati momennya dengan penuh perhatian.

4. Hidup berkesadaran

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/5225f9c869eeabb4a138ee88fcb07132.jpg

Hidup berkesadaran dapat diterapkan dalam tiap aktivitas yang kamu lakukan. Misalnya saat makan. Fokuskan perhatian pada makanan yang kamu konsumsi, nikmati setiap rasa dan tekstur dari makanan tersebut. Hidup berkesadaran membantu kita untuk menikmati setiap momen dan kegiatan yang kita lakukan.

Menjalani zen living berarti belajar menyadari dan menerima diri sendiri. Secara penuh memusatkan perhatian dalam menjalani setiap momen kehidupan, belajar melepaskan, dan melatih ketenangan.

Jadi, gimana pendapatmu? Tertarik mempraktikkan zen living agar hidup lebih tenang?

Share artikel ini ke keluarga, saudara, dan teman melalui media sosial, ya. Baca juga artikel lainnya dari Sadabhumi di [Insert Link].

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya