Artikel Sadabhumi

Yuk, Mulai Biasakan Clean Eating

Ferdian

Kesehatan

20 May 2024

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/ff6d43335344bea06351665d6f9a050a.jpg Kalangan anak muda saat ini telah menanamkan kesadaran bahwa pentingnya untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari risiko penyakit, salah satunya menerapkan konsep “Clean Eating”. Clean Eating adalah pola makan yang dilakukan seseorang dengan memilih makanan yang diolah secara organik dan segar atau masih dalam keadaan utuh tanpa diproses panjang, seperti sayur, buah-buahan, dan daging protein yang tinggi.

Tujuan utama melakukan kebiasaan ini tentunya untuk pencegahan terhadap risiko penyakit. Clean eating juga bisa menurunkan berat badan, mengurangi kalori yang berlebihan, membuat kulit menjadi sehat, dan kesehatan mental membaik. Kita perlu memilih makanan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dan mengurangi makanan olahan atau instan seperti frozen food.

Agar selektif dalam memilih makanan, berikut beberapa tips untuk menerapkan konsep Clean Eating.

Rajin Membaca Nilai Gizi

Sebelum memilih makanan, kita perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai informasi nilai gizi yang diberikan dalam bentuk tabel untuk mencegah kelebihan kalori. Perhatikan juga jumlah kadar gula dan natrium yang ditentukan pada makanan yang dikonsumsi. Clean Eating memiliki batasan kalori sebanyak 1300 hingga 1700 miligram untuk asupan kebutuhan orang dewasa.

Memperbanyak Konsumsi Serat

Selain mengetahui nilai gizi, kita perlu asupan serat lewat buah-buahan dan sayuran untuk menjaga sel secara utuh tanpa adanya kerusakan. Tidak hanya itu, serat bisa didapatkan dari minuman atau jus, seperti sayur wortel, tomat, bayam, dan lainnya.

Memilih Makanan yang Segar

Kamu bisa memilih makanan segar seperti dada ayam yang utuh atau daging lain yang memiliki protein tinggi dan rendah lemak dengan cara memasak yaitu dipanggang atau dikukus. Sebaiknya hindari makanan instan seperti frozen food.

Minum Air Putih yang Cukup

Kita dianjurkan minum air putih sebanyak 8 hingga 13 gelas atau setara 2 sampai 3 liter untuk memenuhi kebutuhan cairan agar tidak dehidrasi. Minum air putih selain menyehatkan tubuh, berat badan bisa turun dengan mudah dan cepat.

Sesuaikan Porsi dan Jam Makan

Terakhir, kita perlu memperhatikan jumlah porsi makanan dan waktu yang ditentukan. Porsi yang dianjurkan bagi kita adalah sebanyak 6 kali porsi kecil dalam satu hari, bertujuan untuk mencegah rasa lapar.

Siapkah kita memulai kebiasaan Clean Eating? Yuk mulai biasakan kebiasaan baik ini demi kesehatan yang lebih prima dan kurangnya resiko penyakit.

Temukan artikel yang menarik di Sadabhumi.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya