Artikel Kesehatan Holistik

Waspada Dampak Kesehatan Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Sadabhumi

Kesehatan

22 Jan 2024

Makanan cepat saji atau fast food menjadi alternatif sebagian orang yang dipadati dengan kesibukan dan memiliki waktu yang terbatas. Hal ini karena sesuai namanya, makanan ini mudah diperoleh, disajikan dengan cepat, tersedia secara luas, dan rasanya pun enak.

Sayangnya, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji memiliki dampak buruk bagi kesehatan yang harus diwaspadai. Apa saja itu?

1. Menyebabkan obesitas

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/ed68030995a49b99f19adcd771a60516.jpg

Makanan cepat saji memiliki jumlah kalori dan lemak yang tinggi. Hal ini yang menjadi pemicu seseorang rentan mengalami obesitas dan menyebabkan kolesterol apabila terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji. Tidak hanya itu, kondisi tersebut juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Menyebabkan tekanan darah tinggi

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/5295ff7d59f4c4b7be1661ac09a1743b.jpg

Kandungan garam yang tinggi dalam makanan cepat saji menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi. Garam meningkatkan jumlah natrium pada sel darah merah yang menyebabkan retensi cairan pada tubuh. Kondisi ini membuat jantung kita perlu bekerja lebih keras untuk memompa darah, sehingga tekanan darah tinggi meningkat.

3. Menyebabkan diabetes dan kenaikan gula darah

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/756e43db72d06fac4742b024dca08823.jpg

Kandungan karbohidrat olahan dan gula tambahan pada makanan cepat saji menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh. Jika terlalu sering dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, hal ini memicu gangguan pada insulin yang berisiko menyebabkan diabetes tipe 2.

4. Memperbesar risiko kanker

Kandungan pengawet, pewarna buatan, dan bahan kimia lainnya dalam makanan cepat saji tidak sehat untuk tubuh jika dikonsumsi terlalu sering. Bahan-bahan tersebut dalam makanan cepat saji yang meningkatkan risiko seseorang mengalami berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker.

Hindari Asupan Makanan Cepat Saji

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/a1c643e2ee4130014292f6170ed0e5e8.jpg

Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji merupakan bentuk pola makan tidak sehat yang memicu masalah kesehatan. Lebih baik hindari terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji dan ganti dengan asupan yang kaya nutrisi seperti sayur, buah, kacang-kacangan, dan protein.

Tidak hanya makanan, perhatikan juga cairan yang masuk ke tubuh. Hindari minuman bersoda dan tinggi gula. Cobalah untuk mengganti minuman tersebut dengan air putih atau ramuan herbal yang baik untuk kesehatan.

Ramuan herbal memiliki ragam manfaat untuk kesehatan, diambil dari bahan-bahan alami dan diolah secara khusus untuk mengatasi masalah kesehatan. Ingin cari tahu produk ramuan herbal? Kamu bisa kunjungi halaman ini.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya