Artikel Sadabhumi

Slow Living: Cara Menikmati Hidup yang Bahagia

Dandy

Kesehatan

10 May 2023

Sadarkah kamu bahwa kita sering terburu-buru mengerjakan satu hal ke hal berikutnya sehingga lupa meluangkan waktu untuk bersantai? Merasa bahwa hidup bergerak dengan sangat cepat.

Dunia yang terus bergerak semakin cepat kadang membuat kita sulit untuk mengikutinya. Ketika hidup serba terburu-buru, kita cenderung kehilangan fokus. Situasi ini kemudian memunculkan sebuah konsep slow living.

Slow living adalah sebuah konsep hidup yang bertujuan untuk bergerak lebih perlahan dan menikmati momen-momen kecil dalam kehidupan sehari-hari. Membuat keputusan secara sadar terkait bagaimana kita akan menghabiskan waktu kita secara bermakna.

Menerapkan slow living dalam rutinitas sehari-hari dapat dilakukan dengan beberapa tips berikut.

1. Menentukan prioritas

Menentukan prioritas adalah kunci dalam menerapkan slow living. Tentukan apa yang benar-benar penting untuk dilakukan, lakukan satu hal dalam satu waktu. Curahkan hati dan pikiran sepenuhnya pada hal tersebut. Cara ini juga akan membantu kamu untuk lebih tenang dan berkesadaran dalam melakukan setiap kegiatan.

2. Menghindari diri dari distraksi

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/8fd0a2d10ce32461d45dbffc3bd97289.jpg

Salah satu contoh distraksi yang perlu dihindari adalah teknologi seperti smartphone. Sering kali kita menghabiskan waktu pada smartphone, sehingga membuat kita melewatkan momen penting dalam hidup. Kamu bisa mencoba satu waktu dalam sehari untuk tidak menyentuh smartphone, dan sepenuhnya berinteraksi dengan sekitarmu. Cara ini juga membantu kita untuk hidup berkesadaran.

3. Membangun relasi dengan sekitar

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/ab1c58e497a41e97e3812cfefe3a8477.jpg

Membangun relasi dengan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman dapat membantu kita menghargai momen-momen kecil dalam hidup, sekaligus rehat sejenak dari stress.

Cara ini juga membantu kita untuk fokus pada hal-hal positif dalam hidup, sehingga meningkatkan kreativitas dan produktivitas kita.

4. Lakukan kegiatan yang disukai

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/05311850fb76c07aa6f10e78cbbf2e25.jpg

Menyisihkan waktu untuk melakukan kegiatan yang kamu sukai juga salah satu teknik menerapkan slow living. Luangkan waktu untuk dirimu sendiri dengan mengeksplor kegiatan-kegiatan yang disukai. Contoh kegiatan yang bisa dilakukan seperti jalan santai, memasak, atau membaca buku favorit. Kamu juga bisa melakukan meditasi atau yoga.

Menerapkan slow living membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental kita, membangun koneksi yang lebih erat dengan orang-orang di sekitar, bahkan meningkatkan kreativitas dan produktivitas.

Hidup yang menuntut kita serba cepat tidak jarang memberikan stress dan tekanan. Jangan lupa untuk berhenti sejenak dan bergerak lebih perlahan, ya!

Bagikan artikel ini dengan teman dan keluarga untuk mempraktikkan slow living bersama.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya