Artikel Sadabhumi

Sering Melakukan 7 Kebiasaan Ini? Waspadai Dampak Buruknya!

Sadabhumi

Kesehatan

27 Nov 2023

Kebiasaan sehari-hari dapat memiliki dampak besar pada kesehatan kita. Terkadang, kebiasaan yang kita anggap remeh dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, loh.

Kira-kira, apa saja kebiasaan kecil yang ternyata merupakan kebiasaan buruk?

1. Kurang tidur

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/aa5f64cfbc8ff820220bd2a78d3e6072.jpg

Tidur adalah kebutuhan dasar bagi tubuh untuk memperbarui sel-sel yang rusak. Orang dewasa setidaknya membutuhkan 7-8 jam tidur setiap malam agar dapat beraktivitas secara optimal.

Kurang tidur sendiri dapat menyebabkan kelelahan, mengganggu konsentrasi, dan mengurangi daya tahan tubuh. Apabila tidak diperlukan, hindari begadang dan bekerja hingga larut malam.

2. Makan tidak teratur

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/1565e384d1fc9726be23b186769201d8.jpg

Tubuh kita memiliki jam biologis yang mengatur kapan saat terbaik untuk makan. Sering kali jadwal makan kita tidak teratur hingga menunda waktu makan. Hal ini berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menunda waktu makan dapat menyebabkan asam lambung hingga merusak dinding lambung apabila terjadi terus menerus. Selain itu, tubuh akan kekurangan gizi untuk dicerna menjadi energi, akibatnya kamu akan sulit fokus saat beraktivitas.

3. Kecanduan gadget

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/69a673b2cc58b091f98c6c7bef69a71d.jpg

Terlalu sering mengecek ponsel untuk urusan tidak penting seperti scroll media sosial tentunya memengaruhi kesehatan fisik dan mental kamu. Terkadang kita sulit untuk mengontrol aktivitas media sosial hingga terlalu larut menghabiskan waktu menatap layar ponsel.

Pastikan kamu menggunakan ponsel dengan bijak, jangan sampai kecanduan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika perlu, terapkan jam tanpa ponsel.

4. Terlalu lama duduk

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/80d2409a1bf10f4031de23032c359954.jpg

Padatnya aktivitas terutama bagi pekerja kantoran membuat tidak sadar bahwa kita sudah terlalu lama duduk. Duduk dalam waktu yang lama terus menerus memiliki beberapa dampak buruk [Insert Link Artikel 31] seperti kerusakan postur tubuh.

Sisihkan 10-15 menit selama beberapa kali untuk istirahat dan melakukan peregangan. Hal ini membantu mengantisipasi dampak buruk yang ditimbulkan akibat terlalu lama duduk.

5. Jarang olahraga

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/49264cfe4795c1e1fe844cf11df469df.jpg

Olahraga merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Sering kali kita melewatkan untuk sekadar berolahraga ringan. Biasakan diri untuk berolahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda 30-60 menit setiap hari agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

6. Mendengarkan musik terlalu keras dengan headphone

Kamu terbiasa melakukan sesuatu sembari mendengarkan musik melalui headphone dengan volume kencang? Kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan pendengaran secara permanen, loh.

Hasil penelitian mengungkapkan mendengarkan musik melalui headphone selama 60 menit dengan volume 50-100 persen dapat meningkatkan risiko kerusakan pendengaran temporer. Apabila dilakukan terlalu sering, tentunya dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius.

7. Mengabaikan stress hingga berlarut-larut

Mengabaikan stress tentu saja berdampak buruk bagi kesehatan mental kita. Hal ini tentunya berdampak pada peningkatan gejala depresi.

Jangan abaikan jika kamu merasa stress. Upayakan untuk melakukan aktivitas yang dapat melepas stress seperti jalan-jalan, melakukan hobi, atau istirahat sejenak dari kepadatan aktivitas.

Kebiasaan sehari-hari yang buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Coba ubah ke kebiasaan yang lebih sehat seperti tidur yang cukup, menggunakan ponsel seperlunya, mengonsumsi makanan sehat, dan berolahraga. Sesekali luangkan waktu untuk melakukan hal yang disukai agar tidak stress. Menjaga kesehatan jangka panjang dimulai dari kebiasaan kecil yang dilakukan setiap hari. Bagikan juga artikel ini ke keluarga, saudara, dan teman, yuk!

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya