Artikel Sadabhumi

Rahasia Diet Orang Jepang Agar Berumur Panjang

Sadabhumi

Kesehatan

26 Apr 2023

Apakah kamu menyukai makanan ala Jepang? Sushi, misalnya.

Jepang dikenal menjadi rumah bagi orang-orang yang paling lama hidup di dunia. Menurut laporan tahun 2022 dari Kementerian Kesehatan, Ketenagakerjaan dan Kesejahteraan Jepang, ada lebih dari 90.000 orang yang berusia 100 tahun ke atas di Jepang.

Diet orang Jepang dikenal sebagai diet paling seimbang. Oleh sebab itu, mereka cenderung memiliki kulit yang bagus dan umur yang panjang. Kira-kira, apa rahasia diet mereka?

1. Makan makanan bernutrisi tinggi

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/82a0d030b035679e3e3aeb97617e99f8.jpg

Orang Jepang percaya bahwa makanan adalah obat bagi tubuh. Mereka menerapkan diet tradisional yang fokus meningkatkan konsumsi makanan bernutrisi tinggi dan mengandung banyak antioksidan.

Makanan orang Jepang biasanya mencakup makanan fermentasi, ikan, kedelai, dan teh. Orang Jepang juga lebih sedikit mengonsumsi daging, gula, dan produk susu.

2. Makan secara perlahan dan berkesadaran

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/c6b2cf46070aa6f39747aff70f32f1cf.jpg

Orang Jepang menikmati makanan mereka dengan mengunyah secara perlahan dan benar. Mengunyah makanan secara perlahan juga baik untuk kesehatan pencernaan.

Sering dengar orang Jepang mengucapkan “itadakimasu” sebelum makan? Kata tersebut berarti “saya terima dengan rendah hati,” untuk mengapresiasi sumber makanan yang mereka terima.

3. Mengontrol porsi makan

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/95bb7505244b77ec6bd088cf9dad191d.jpg

Orang Jepang terbiasa makan dengan piring yang lebih kecil. Hal ini dipercaya membuat mereka lebih cepat kenyang tanpa menambah kalori ekstra yang berpotensi menyebabkan kegemukan.

4. Mengonsumsi teh sebagai sumber antioksidan

Orang Jepang terkenal sangat menyukai minum teh. Mereka sangat menikmati teh hijau yang dikenal kaya antioksidan dan bermanfaat baik untuk kulit.

5. Memerhatikan cara memasak makanan

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/b6ce245339ff608d37a75fca52f1501a.jpg

Orang Jepang cenderung memasak makanan dengan metode mengukus, memfermentasi, memanggang, dan menumis. Masakan Jepang juga sedikit sekali menggunakan minyak.

Metode memasak tersebut dipertahankan orang Jepang selama berabad-abad, karena mereka percaya nilai gizi makanan mereka akan tetap terjaga.

Itu dia beberapa rahasia sederhana diet orang Jepang agar berumur panjang. Gimana, tertarik untuk menerapkannya ke pola hidupmu?

Jangan lupa bagikan artikel ini ke keluarga, saudara, dan teman ya. Mari kita coba tiru pola hidup sehat yang dapat diterapkan dari orang Jepang.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya