Artikel Kesehatan Holistik

Pekerja Kantoran Wajib Lakukan Cara Ini untuk Jaga Kesehatan!

Dandy

Kesehatan

10 May 2023

Sibuk bekerja sering kali membuat kita lengah untuk menjaga kesehatan tubuh. Duduk berjam-jam di depan laptop setiap hari tentunya menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Tentunya kamu ingin kesehatanmu tetap terjaga di sela-sela padatnya aktivitas. Inilah beberapa cara yang wajib kamu lakukan untuk menjaga kesehatan di tempat kerja.

1. Perhatikan postur dan posisi tubuh saat bekerja

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/d1ea3f821655e06a50bf860f14cdc9fe.jpg

Terlalu fokus bekerja terutama di depan komputer atau laptop sering membuat kita lupa memerhatikan postur tubuh. Postur tubuh yang keliru memicu keluhan kesehatan seperti pegal-pegal pada leher, pundak, dan punggung.

Perhatikan postur tubuh saat bekerja agar tidak terlalu membungkuk, upayakan menggunakan kursi yang nyaman dan ergonomis. Atur jarak pandang mata dengan layer agar sejajar, hal juga dapat membantu menjaga kesehatan mata.

2. Luangkan waktu untuk istirahat sejenak

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/f633105f443e84d7e0a9adf1c89ae7fa.jpg

Apabila kamu terlalu lama duduk karena pekerjaan, cobalah untuk istirahat sejenak dengan melakukan sedikit gerakan peregangan, berdiri, atau berjalan ringan selama beberapa menit.

Kamu juga bisa coba menerapkan power nap [Insert Link artikel teknik power nap] untuk membantumu me-refresh otak agar produktif dan segar saat akan kembali bekerja.

3. Minum air yang cukup

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/8895439420350fdab7e23091920eef56.jpg

Memenuhi kebutuhan air dalam tubuh penting untuk dilakukan. Pastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik untuk mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh, energi, dan fokus.

Kamu bisa menyiapkan botol minum di dekat meja kerjamu agar tidak lupa untuk minum setiap saat. Hindari minuman berkafein maupun yang banyak mengandung gula, ya.

4. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/07674f017be50fe816e4f86cec2eb827.jpg

Terlalu padat dengan pekerjaan kadang membuat kita mengabaikan makanan yang dikonsumsi. Kita cenderung memilih makanan yang cepat saji. Cobalah untuk membawa makanan yang sehat dari rumah seperti sayur dan buah. Hindari makanan cepat saji maupun makanan yang tinggi gula dan lemak, ya. Cukupkan konsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Itu dia beberapa cara untuk membantu kamu menjaga kesehatan tubuh walaupun dipadati dengan pekerjaan di kantor. Jangan lupa perhatikan kesehatan tubuhmu agar pekerjaan yang dilakukan tetap lancar, ya!

Yuk, bagikan artikel ini ke rekan kantormu agar sama-sama menjaga kesehatan tubuh. Kamu juga dapat membaca artikel lainnya di web Sadabhumi.com untuk tips-tips kesehatan lainnya.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya