Artikel Sadabhumi

Pahami Metode Ini untuk Menerapkan Hidup yang Ramah Lingkungan

Dandy

Kesehatan

05 Jun 2023

Hidup secara regeneratif atau regenerative living adalah konsep hidup yang menekankan keberlanjutan dan keseimbangan antara manusia dan lingkungannya. Regenerative living diterapkan dengan mempertahankan dan memperbaiki sumber daya alam yang ada.

Berikut bagaimana cara untuk mulai menerapkan regenerative living.

1. Memanfaatkan energi secara efisien

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/88bec402786553da87aee8c948fe8ad6.jpg

Mulailah dengan menghemat konsumsi energi dan air. Caranya dengan mematikan perangkat elektronik yang tidak digunakan, gunakan peralatan yang ramah lingkungan, dan memperbaiki keran yang bocor untuk menghindari air yang terbuang.

Cara ini sangat sederhana untuk dilakukan dalam upaya menjaga keberlanjutan alam. Coba cek, apakah ada lampu ruanganmu yang belum dimatikan?

2. Merawat tanaman di rumah

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/0b3e2c5a21171133ba6ce9c568fd90d6.jpg

Menanam dan merawat tanaman di rumah adalah cara lain untuk menerapkan regenerative living. Tanaman dapat membantu memperbaiki kualitas udara di rumah.

Kamu bisa menanam tanaman di taman, balkon, atau di dalam ruangan dengan menggunakan pot. Pilih tanaman yang mudah dirawat dan sesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat tinggalmu.

3. Mengonsumsi makanan organik

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/18b2ce491c04f41bd84b5a68f63f24fe.jpg

Makanan organik dapat membantu mengurangi penggunaan bahan kimia dan pestisida yang merusak lingkungan.

Apabila kamu memiliki lahan yang cukup, kamu bisa bercocok tanam sendiri di rumah dengan menanam sayur-sayuran. Alternatif lainnya, kamu bisa membeli makanan yang dihasilkan dari petani lokal.

4. Mengurangi penggunaan plastik

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/b7f9969e8b65aa456f90143b0e3183c0.jpg

Sudah banyak minimarket dan tempat-tempat belanja yang mengurangi penggunaan plastik dan mendukung pelanggannya menggunakan tas belanja sendiri.

Penggunaan plastik berlebih menjadi salah satu masalah lingkungan terbesar di dunia. Mulailah dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai seperti sedotan dan kresek. Ganti dengan alternatif ramah lingkungan seperti menggunakan tas belanja kain.

Menerapkan regenerative living menjadi cara sederhana bagi kita untuk berdampak baik bagi bumi dan lingkungan tempat kita tinggal, loh.

Mulai dari menghemat energi, merawat tanaman, mengonsumsi makanan organik, dan mengurangi penggunaan plastik, semuanya dapat diterapkan secara sederhana di kehidupan sehari-hari.

Yuk, selamatkan bumi kita dan hidup lebih seimbang dengan lingkungan! Baca juga artikel Sadabhumi lainnya tentang cara hidup di [Insert Link]

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya