Artikel Sadabhumi

Minum Jamu Baik untuk Kesehatan, Benarkah?

Sadabhumi

Kesehatan

26 Apr 2023

Apakah kamu rutin mengonsumsi jamu untuk alasan kesehatan?

Jamu merupakan minuman tradisional khas Indonesia yang terbuat dari bahan alami seperti rempah, akar, dan daun tanaman yang terbukti aman dan memiliki manfaat bagi kesehatan.

Sejak pandemi Covid-19, jamu menjadi pilihan alternatif banyak orang untuk alasan kesehatan. Misalnya menjaga imunitas tubuh dan meningkatkan stamina agar tidak mudah lelah. Namun, benarkah minum jamu memang baik untuk kesehatan?

Meskipun banyak orang percaya minum jamu baik untuk kesehatan, ada yang menyebutkan minum jamu setiap hari justru mengakibatkan gangguan sistem pencernaan dan kesehatan lainnya.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/253557c96f18772c1ca123f50c763c78.jpg

Secara umum, minum jamu dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Beberapa jenis jamu terbukti efektif untuk mengatasi masalah pencernaan, peradangan, dan gangguan sistem kekebalan tubuh.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga mencanangkan program gerakan minum jamu untuk mengajak masyarakat meningkatkan kesehatan melalui jamu. Contoh bahan minuman jamu yang paling terkenal untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah jahe, kunyit, dan temulawak. Ketiga bahan ini memiliki antioksidan dan bersifat anti-inflamasi untuk melawan radikal bebas.

Terlepas dari berbagai manfaat jamu yang memang sudah teruji klinis, mengonsumi jamu secara berlebihan juga berpotensi menimbulkan efek samping seperti diare dan muntah. Dalam jangka menengah dapat menimbulkan gangguan fungsi liver, dan dalam jangka panjang konsumsi jamu yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan fungsi ginjal.

Lantas, bagaimana tips aman minum jamu?

Pastikan jamu yang dikonsumsi tidak mengandung zat kimia dan pengawet. Lebih aman jika mengelola sendiri agar terbukti higienis.

Ada baiknya mengonsumsi jamu sesuai dengan kebutuhan dan masalah kesehatan. Di Sadabhumi, kamu bisa mengikuti tes personalisasi untuk mendapatkan sendiri racikan jamu sesuai kondisi kesehatanmu.

Cara melakukan tes personalisasi dapat langsung dilihat melalui laman sadabhumi.com/assessment. Kamu juga bisa berkonsultasi dahulu dengan Sadabhumi melalui WhatsApp Sadabhumi. Pertanyaanmu akan dijawab oleh Apoteker bersertifikat.

Semua ramuan yang digunakan oleh Sadabhumi berasal dari bahan alami dan tanpa pengawet, ya!

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya