Artikel Sadabhumi

Mengapa Kita Harus Menjaga Kesehatan Hati?

Dandy

Kesehatan

27 Jun 2023

Hati atau yang sering disebut liver memiliki peran yang vital untuk kesehatan kita. Hati terletak di rongga perut kanan bagian atas serta memiliki dua bagian. Siklus darah dari usus pun pasti akan melewati hati untuk menuju jantung dan paru-paru. Sebenarnya, apa sih fungsi hati sehingga kita perlu menjaga kesehatannya dengan baik?

1. Menghancurkan sel darah merah yang sudah tua.

Di dalam tubuh, sel darah diproduksi secara teratur dan memiliki usia 100-120 hari. Sel darah merah akan diproses liver dan menghasilkan bilirubin, yang kemudian akan disaring oleh ginjal. Gangguan siklus ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan

2. Membersihkan darah

Liver berfungsi untuk membersihkan darah dari senyawa berbahaya seperti racun, alkohol dan obat-obatan. Senyawa tersebut akan diubah menjadi molekul yang larut dalam air dan keluar bersama urine.

3. Menyimpan cadangan energi dan nutrisi

Hati mampu menyimpan energi dan mengubahnya menjadi glukosa saat kadar glukosa darah rendah. Selain itu ada beberapa zat yang juga disimpan oleh hati seperti vitamin, asam folat dan zat besi.

4. Memproduksi zat penting untuk tubuh

Berbagai zat penting untuk tubuh diproduksi oleh hati, misalnya kolesterol dan protein khusus. Hati juga memproduksi hormon pertumbuhan pada anak-anak.

5. Membantu proses pencernaan makanan

Fungsi hati yang tak kalah penting lainnya adalah memproduksi cairan empedu yang bertugas membantu proses pencernaan supaya lebih lancar.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/a53850781335d8598ccc8db06f4c0c31.jpg

Wah, ternyata fungsi hati penting sekali ya dalam hidup kita mulai dari membersihkan racun hingga membantu proses pencernaan. Tugas kita adalah menjaga kesehatan hati dengan menerapkan pola hidup yang sehat serta mengurangi konsumsi zat kimia yang berlebihan.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya