Artikel Sadabhumi

Mandi Air Hangat Bisa Bikin Tubuh Rileks Dan Sehat

Ferdian

Kesehatan

03 May 2024

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/2f1a3c04fdcb7cdb81ab8131e829cc45.jpg

Mandi adalah kegiatan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari dengan membersihkan tubuh untuk menghambat pertumbuhan bakteri di kulit. Seringkali menjadi perdebatan antara menggunakan air hangat atau air dingin untuk mandi.

Menggunakan air hangat pada saat mandi dan berendam akan memberikan dampak signifikan pada tubuh yang lebih kebal terhadap kuman sehingga kesehatan juga dapat terjaga, asalkan tidak menggunakan suhu air yang terlalu tinggi.

Bagi kamu sedang bingung memilih dalam menggunakan air hangat atau dingin sebagai kebutuhan sehari-hari. Yuk kita simak beberapa manfaat mandi menggunakan air hangat.

Peredaran Darah Jadi Lebih Lancar. Mandi air hangat selama lima menit di pagi hari maupun malam hari dapat membantu memperlancar peredaran darah dengan pengaturan suhu dan tekanan air yang stabil.

Relaksasi Otot Tubuh. Kamu dapat menggunakan air hangat untuk relaksasi otot tubuh yang tegang dan kaku setelah aktivitas berat selama 10 menit agar tubuh terasa lebih rileks dan segar, sekaligus membuat badan jadi nyaman. Maka, otot tubuh dapat kembali seperti semula agar tidak nyeri.

Mengurangi Stres yang Berlebihan. Jika kamu merasa stres berlebihan ada kalanya kamu luangkan waktu untuk merasakan sensasi air hangat ketika mandi atau berendam. Dengan ini, hormon oksitosin akan memberikan suasana rileks dan pikiran positif serta meningkatkan hormon endorfin yang memberikan kenyamanan tubuh.

Mengatasi Insomnia. Bagi penderita insomnia, mandi air hangat juga dapat membuat kualitas tidur lebih meningkat dari sebelumnya karena otot-otot sudah lebih rileks. Mandi air hangat untuk pengobatan insomnia atau gangguan tidur dapat dilakukan secara rutin selama 1,5 hingga 2 jam sebelum mulai tidur di malam hari.

Memulihkan Penyakit Flu. Di musim pancaroba yang sering berubah-ubah bisa mengakibatkan penyakit flu dan pilek atau hidung tersumbat karena daya tahan tubuh menurun. Untuk terhindar dari semua penyakit kamu melakukan mandi air hangat. Dengan menggunakan air hangat untuk mandi, kekebalan tubuh dapat meningkat sehingga terhindar dari penyakit atau virus.

Itulah manfaat yang kamu dapatkan saat mandi atau berendam dengan air hangat.

Jangan lupa share atau berbagi artikel dengan teman atau keluarga kamu ya. Informasi ini cocok buat kamu untuk memiliki berbagai masalah kesehatan.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya