Artikel Sadabhumi

Konsumsi Air Lemon di Pagi Hari, Baik atau Tidak?

Ferdian

Kesehatan

20 May 2024

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/bce71d643b62dcb5530f2f40f1f44a56.jpg Kuning dan asam, identik dengan buah lemon. Buah yang biasanya diambil airnya untuk tambahan dalam minuman atau makanan ini memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi yang dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Berdasarkan laporan studi pada tahun 2019, lemon memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang tinggi untuk memperbaiki kesehatan jantung, meningkatkan toleransi glukosa, sensitivitas insulin, dan menaikkan metabolisme.

Air lemon ternyata boleh diminum di pagi hari dalam keadaan perut kosong. Membuat air lemon cukup dengan 2 sendok makan dari perasan air lemon kemudian ditambah 2 sendok makan gula atau bisa menggunakan madu. Batas yang diperhatikan dalam konsumsi air lemon adalah 6 hingga 12 kali dalam sehari.

Berikut ini adalah 6 kebaikan dari membiasakan konsumsi minum air lemon di pagi hari.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Mengkonsumsi air lemon dapat mencegah masuknya penyakit atau radikal bebas ke dalam dalam tubuh karena kandungan Vitamin C yang tinggi bersifat antioksidan sehingga memperkuat kekebalan tubuh.

Melancarkan Pencernaan Air lemon sebagai pencahar alami yang dapat melancarkan pencernaan jika dikonsumsi langsung serta mencegahnya sembelit akibat kekurangan serat. Menurut Cleveland Clinic, lemon memiliki kandungan asam dan serat petkin berperan untuk mengurai makanan di perut.

Menurunkan Berat Badan Bagi yang ingin melakukan diet, kamu dapat mengkonsumsi air perasan lemon yang dicampur dengan air hangat setiap pagi hari sebelum makan dan ditambah sedikit madu. Penelitian memberikan penjelasan adanya zat polifenol dalam buah lemon bisa menurunkan berat badan.

Mencegah Batu Ginjal Batu Ginjal bisa disebabkan karena kurangnya minum air putih yang berakibat pada dehidrasi. Lemon tidak hanya kandungan Vitamin C, adanya asam sitrat pada lemon juga dengan meningkatkan volume dan pH urine sehingga dapat mencegah masalah penyakit dari batu ginjal.

Memelihara Kesehatan Kulit Tidak hanya itu, kandungan Vitamin C pada lemon terbukti baik untuk kesehatan kulit. Membiasakan minum air lemon dapat membantu mengencangkan kulit agar tidak keriput dan menjaga kelembaban kulit, serta melindungi diri dari paparan sinar UV.

Mencegah Anemia Lemon mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan seperti mencegah anemia akibat kekurangan darah.

Kamu tidak perlu khawatir saat minum air perasan lemon di pagi hari dengan memberikan beberapa manfaat yang cukup baik bagi tubuh selama masih dalam batas wajar. Namun, perlu diketahui ketika sedang menderita penyakit seperti GERD atau asam lambung sebaiknya tidak dianjurkan minum air lemon karena menimbulkan nyeri pada lambung.

Link untuk mencari artikel terbaru Sadabhumi di sini

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya