Artikel Sadabhumi

Ketahui 4 Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Dandy

Kesehatan

05 Jun 2023

Tidur yang nyenyak dan berkualitas merupakan kebutuhan penting bagi kesehatan tubuh. Namun, tidak hanya durasi tidur yang perlu diperhatikan, posisi tidur yang baik juga faktor penting untuk memiliki tidur yang berkualitas.

Kamu harus tahu, berikut beberapa posisi tidur yang baik agar memiliki tidur yang nyenyak.

1. Posisi tidur menyamping

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/caafaaa1e46c45cdaeeef2fb7506775d.jpg

Posisi tidur menyamping sangat direkomendasikan sebagai salah satu posisi tidur yang baik, terutama menyamping ke kiri. Posisi ini cocok untuk kamu yang memiliki masalah mendengkur saat tidur dan baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Posisi tidur menyamping ini juga memiliki efek buruk seperti timbulnya rasa kaku pada bahu akibat tekanan saat tidur, dan menimbulkan kerutan di wajah.

2. Posisi tidur telentang

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/7d22efaed77c80dbf7c8fe5c11da517f.jpg

Posisi tidur telentang merupakan posisi yang baik untuk menempatkan kepala, leher, dan tulang belakang dalam posisi sejajar. Sehingga, tidak ada tekanan ekstra pada bagian tubuh tertentu yang menyebabkan rasa sakit. Posisi ini kurang cocok untuk orang yang memiliki sleep apnea atau gangguan tidur yang berpotensi serius ketika napas berhenti. Selain itu, posisi ini juga berpotensi menimbulkan dengkuran saat tidur.

3. Posisi tidur tengkurap

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/6a12951eb8665005b72c45e19c8eb724.jpg

Tidak banyak orang yang tidur dengan posisi tengkurap. Posisi tidur tengkurap memberikan tekanan pada sendi, otot leher, dan saraf yang menyebabkan rasa nyeri pada leher.

Apabila kamu ingin tidur dalam posisi tengkurap, tambahkan bantal untuk menyanggah dahi dan posisikan kepala menghadap ke bawah. Posisi tengkurap ini cocok diterapkan untuk orang yang mendengkur saat tidur.

4. Posisi tidur meringkuk

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/bdf8f61d880e8787adf4ad213cd7b139.jpg

Posisi tidur meringkuk mirip seperti janin. Tidur meringkuk merupakan variasi dari posisi tidur menyamping untuk membantu meminimalisir dengkuran dan mengurangi tekanan pada punggung.

Kekurangan dari posisi tidur ini adalah potensi membuat tubuh kaku saat bangun dan adanya tekanan tambahan pada perut. Kamu bisa menambahkan bantal di depan dada saat tidur dalam posisi ini.

Kamu bisa menyesuaikan posisi tidur yang nyaman untukmu agar dapat mencegah masalah kesehatan. Pastikan kamu mencoba berbagai posisi dan menyesuaikan dengan kondisi kesehatan. Posisi tidur yang tepat membantu meningkatkan kenyamanan dan kualitas tidur.

Baca juga artikel Tips Tidur Nyenyak Secara Alami [Insert Link artikel] untuk cara memiliki tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya