Artikel Sadabhumi

Kenali 6 Jenis Yoga Ini Sebelum Memulai Latihan

Sadabhumi

Kesehatan

02 Sep 2023

Yoga adalah bentuk latihan fisik sekaligus spiritual yang berasal dari India. Yoga melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk menyelaraskan jiwa, emosi, spiritualitas, dan tubuh sekaligus.

Uniknya, ternyata ada banyak jenis yoga dengan manfaatkan kesehatan yang berbeda pula. Variasi jenis yoga ini dipengaruhi dari perkembangan berabad-abad dan beragam budaya. Apa saja jenisnya?

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/ba010017fdc1bc6f9a871932e1bde72c.jpg

1. Hatha Yoga

Hatha yoga merupakan jenis yoga yang paling umum. Jenis gerakan pada hatha yoga memadukan postur dan latihan pernapasan untuk membawa ketenangan pikiran dan tubuh. Jenis yoga ini sangat pas untuk latihan bagi pemula dengan postur yang tidak rumit.

2. Vinyasa Yoga

Vinyasa yoga memiliki tempo gerakan yang lebih cepat dan membutuhkan koordinasi antara fisik, postur, dan napas. Jenis yoga ini cocok untuk kamu yang menyukai spontanitas dan dinamis, karena banyak rangkaian postur yang berbeda-beda.

3. Asthanga Yoga

Asthanga yoga atau sering disebut power yoga, merupakan jenis yoga yang menuntut latihan fisik dan tidak disarankan bagi pemula. Asthanga yoga memiliki enam seri postur yang harus diikuti. Jenis yoga ini cocok bagi kamu yang sering berolahraga dan menyukai tantangan.

4. Iyengar Yoga

Iyengar yoga merupakan jenis yoga yang menekankan pada postur dan teknik yang benar. Gerakan-gerakan dalam jenis yoga ini sangat sistematis, serta menggunakan benda-benda seperti tali, balok, kursi, atau bantalan untuk membentuk postur.

Jenis yoga ini cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kekuatan tubuh, fleksibilitas, dan stabilitas.

5. Bikram Yoga

Bikram yoga merupakan salah satu jenis yoga yang unik untuk melatih tubuh secara mental dan fisik. Latihan jenis yoga ini terdiri dari 26 postur dan dua teknik pernapasan, dilakukan di ruangan bersuhu 40,6 derajat Celcius dengan kelembapan 40 persen.

Jenis yoga ini bermanfaat untuk mengeluarkan racun dan mengatur berat badan karena tubuh akan cepat berkeringat.

6. Kundalini Yoga

Kundalini yoga melibatkan gerakan, pernapasan, dan meditasi yang dirancang untuk membangkitkan energi dalam tubuh, terutama bagian tulang belakang. Jenis yoga ini membantu meningkatkan kesadaran diri dan spiritualitas.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/dbcd1aa65adaca0baf1141694549fc3f.jpg

Setiap jenis yoga memiliki gerakan, rutinitas, manfaat, dan tujuan yang berbeda-beda. Maka dari itu, apabila kamu tertarik mencoba latihan yoga, pilih jenis yoga yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kamu.

Kamu juga bisa mengeksplor berbagai latihan dengan instruktur yang berbeda, untuk mengetahui jenis yoga yang cocok denganmu. Tertarik mencoba? Baca juga artikel Sadabhumi lainnya di sini ya.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya