Artikel Sadabhumi

Kaum Wanita Wajib Simak, Kenali Penyebab dan Gejala PCOS

Sadabhumi

Kesehatan

02 Sep 2023

Kaum wanita sudah tidak asing dengan Polycystic Ovarian Syndrom atau lebih dikenal dengan istilah PCOS. Apa itu PCOS?

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/c7d7c539a579dc11c66dfabb923ccba3.jpg

PCOS merupakan gangguan hormon yang umum terjadi pada wanita di usia subur. PCOS ditandai dengan gangguan menstruasi dan peningkatkan kadar hormon androgen berlebih. Hormon androgen yang berlebih menyebabkan ovarium memproduksi banyak kantong berisi cairan atau kista, sehingga sel telur tidak berkembang sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur.

Penyebab PCOS

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/d79b8afc0e21b7c647113331830acd4c.jpg

Penyebab PCOS sendiri masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang diduga sebagai penyebab terjadinya PCOS yaitu hormon insulin dan faktor genetik.

Hormon insulin merupakan hormon yang mengatur karbohidrat dalam tubuh. Hormon insulin yang berlebih mengakibatkan produksi hormon androgen meningkat, hal ini yang mengganggu proses ovulasi terjadi.

Faktor genetik juga menjadi salah satu penyebab terjadinya PCOS karena diketahui sebagian besar penderita PCOS memiliki riwayat anggota keluarga yang menderita PCOS.

Gejala dan Dampak PCOS

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/2eb151999c9292894972cc3fa06aa916.jpg

Gejala PCOS sering dirasakan saat remaja pertama kali mengalami haid. Ada juga yang baru mengalami saat dewasa atau pada periode tertentu. Berikut beberapa gejala PCOS.

1. Gangguan menstruasi

PCOS sering ditandai dengan periode menstruasi yang tidak teratur. Sebagian besar kasus pada wanita yang mengalami PCOS hanya mendapatkan menstruasi kurang dari 8-9 kali dalam setahun. Hal ini disebabkan penurunan aktivitas ovulasi pada sistem reproduksi sehingga dinding rahim tidak dapat meluruh.

2. Kadar hormon androgen meningkat

Kadar hormon androgen yang meningkat pada wanita dengan PCOS dapat dilihat dengan munculnya gejala fisik seperti pria, misalnya tumbuh rambut yang lebat di area wajah dan tubuh, muncul jerawat, dan kebotakan pada area kepala.

3. Warna kulit menggelap

Wanita yang menderita PCOS mengalami perubahan warna kulit menjadi lebih gelap di beberapa area tertentu, terutama pada area lipatan dan selangkangan.

4. Perubahan emosi yang tidak teratur

PCOS menyebabkan kadar hormon dalam tubuh menjadi tidak teratur. Hal ini juga berdampak pada perubahan suasana hati pada seseorang secara terus-menerus yang berpotensi menimbulkan stress dan depresi.

Pengobatan PCOS

Tanda dan gejala PCOS dapat bervariasi pada tiap orang. Umumnya, PCOS diatasi dengan pengobatan melalui obat-obatan, mengontrol berat badan dan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat agar gejala PCOS dapat membaik.

Apabila kamu mengalami keluhan di atas, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter mengenai kondisi kesehatanmu dan menjalani pengobatan lebih lanjut.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi Ramuan Herbal Sadabhumi Lady yang mampu membantu mengatasi PCOS, ketidakseimbangan hormon dan haid tidak lancar.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya