Artikel Sadabhumi

Jarang Dilakukan, Ternyata Ini Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

Dandy

Kesehatan

05 Jun 2023

Berjalan tanpa alas kaki bisa jadi bukan sesuatu yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Nyatanya, banyak manfaat yang bisa didapat dengan menerapkan kebiasaan tersebut. Bagi orang lanjut usia, berjalan tanpa alas kaki kerap dijadikan terapi yang dipercaya membantu meningkatkan imunitas tubuh.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/bc3a0fb91476917abf9028a3ff6199eb.jpg

Berikut ini adalah manfaat kesehatan dari berjalan tanpa alas kaki, atau istilah lainnya adalah barefoot.

1. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Berjalan tanpa alas kaki membuat kita mengandalkan otot-otot kaki dan keseimbangan tubuh agar tidak terjatuh. Latihan berjalan tanpa alas kaki dalam jangka panjang akan melatih otot-otot kaki semakin kuat dan meningkatkan keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

2. Meningkatkan fleksibilitas kaki

Jari-jari kaki akan bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan tubuh saat berjalan tanpa alas kaki. Hal ini membantu otot-otot di sekitar kaki menjadi lebih fleksibel dan mudah bergerak.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah di kaki menjadi lebih lancar saat berjalan tanpa alas kaki. Tentunya hal ini membantu mengurangi risiko varises atau pelebaran pembuluh darah yang umum terjadi di kaki.

4. Menstimulasi saraf kaki

Berjalan tanpa alas kaki menstimulasi jari-jari kaki dengan lebih baik. Hal ini membantu meningkatkan koneksi antara otak dan tubuh, serta memberikan sensasi yang lebih baik pada kaki. Berjalan tanpa alas kaki juga membuat kaki lebih terasa nyaman karena mengurangi tekanan pada kaki.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/50feda0dd5bc6460b9f0fcb4f1555ff8.jpg

Berjalan tanpa alas kaki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, kamu tetap harus berhati-hati ya saat menerapkannya agar kaki tidak terluka. Pastikan kamu berjalan di tempat yang aman, misalnya di rumah atau lahan yang rata dan bersih.

Jangan berjalan tanpa alas kaki di tempat yang berbahaya seperti permukaan kasar dan tajam untuk menghindari risiko terluka. Berjalan tanpa alas kaki yang dilakukan secara teratur membantu meningkatkan kesehatan pada kaki dan tubuh secara keseluruhan.

Yuk, ajak keluarga, saudara, dan teman untuk menerapkan hal sederhana dalam menjaga kesehatan kaki. Bagikan artikel ini ke media sosial dan baca juga artikel lainnya dari Sadabhumi di [Insert Link].

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya