Artikel Sadabhumi

Tentang Jamu Gendong Yang Menginspirasi Sadabhumi

Sadabhumi

Produk

26 Apr 2023

Masih ingat perempuan berkain batik yang lewat menggendong bakul berisi botol-botol jamu?

Jamu adalah salah satu tradisi pengobatan alami yang terbuat dari bahan alami seperti rempah, daun, akar, dan bunga yang diolah menjadi minuman. Jamu telah dimanfaatkan sejak ribuan tahun lalu dan menjadi bagian dari budaya Indonesia.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/543ccd30372ab5a13d3870c104a552ce.jpg

Hingga saat ini, jamu masih dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Meskipun eksistensinya sempat menurun, pandemi Covid-19 membawa popularitas jamu kembali ke permukaan.

Berasal dari bahasa Jawa kuno, Djampi

Jamu merupakan istilah yang berasal dari Bahasa Jawa kuno, yaitu djampi. Djampi memiliki arti penyembuhan dengan menggunakan ramuan obat-obatan. Pengobatan dengan minum jamu sering terdapat dalam naskah-naskah kuno, bahkan digambarkan dalam relief candi-candi di Indonesia seperti Candi Borobudur dan Prambanan.

Jamu gendong, produksi jamu rumahan

Dahulu jamu dapat ditemukan dari penjual jamu gendong yang diproduksi rumahan. Jamu-jamu disimpan dalam botol kaca, disusun rapi dalam sebuah bakul, dan dijajakan sembari digendong oleh penjual jamu.

Penjual jamu gendong biasanya akan berkeliling setiap hari dari rumah ke rumah. Ciri khas penjual jamu gendong dapat dilihat dari pakaiannya yang menggunakan kain batik atau jarik.

Jamu gendong semakin bertransformasi

Jamu tradisional memang masih sering dijumpai. Hanya saja, cara menjajakan jamu saat ini semakin bervariasi. Kamu bisa menemukan penjual jamu menggunakan sepeda, motor, atau gerobak.

Menariknya, seiring dengan transformasi digital, jamu juga dapat dibeli melalui online marketplace atau website. Selain itu, cara pengemasannya juga semakin unik.

Sadabhumi, kolaborasi dunia digital dengan konsep jamu gendong Cara menjajakan jamu memang semakin bervariasi berkat dorongan dunia digital. Contohnya, saat ini hadir Sadabhumi yang mencoba menggabungkan konsep jamu gendong dengan dunia digital.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/65b25bf5a724d0673b82196cb688fcc8.jpg

Sadabhumi melakukan digitalisasi penjual jamu, dengan tujuan memudahkan masyarakat mendapatkan akses ke ramuan herbal yang diracik secara khusus sesuai masalah kesehatan yang dihadapi.

Kini, tak perlu lama menanti mbok jamu lewat di depan rumah. Sadabhumi berupaya memberikan layanan konsultasi digital yang menghasilkan ramuan herbal khusus dan personal.

Layanan konsultasi digital untuk mendapatkan ramuan herbal personalmu dapat dilakukan melalui tes personalisasi di halaman ini, atau melalui WhatsApp Sadabhumi.

Tertarik untuk mencari tahu? Coba sekarang, yuk!

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya