Artikel Sadabhumi

Ini 3 Alasan Kurang Tidur Menyebabkan Penuaan pada Wajah

Sadabhumi

Kesehatan

27 Nov 2023

Tidur yang cukup dan berkualitas merupakan kebutuhan dasar manusia untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Kurang tidur dapat memengaruhi berbagai aspek kesehatan termasuk tampilan kulit wajah.

Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti kusam, berjerawat, hingga mempercepat penuaan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Simak alasannya berikut.

1. Regenerasi kulit terhambat

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/3162d8a7e222969f4e2b9bd27befaddc.jpg

Tubuh seharusnya melakukan proses regenerasi dan pemulihan sel-sel kulit yang rusak ketika kamu tidur. Sedangkan, kurang tidur membuat kulit tak punya cukup waktu untuk melakukan regenerasi dan memperbaiki kerusakan pada kulit. Hal ini menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, dan berkeriput.

2. Produksi kolagen terhambat

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/1ec1865460c82c3da136fd9d654f18a2.jpg

Kurang tidur mengurangi produksi kolagen alami pada kulit yang menyebabkan kulit rentan terhadap kerutan dan garis halus. Padahal, kolagen merupakan protein penting yang memberikan elastisitas pada kulit. Berkurangnya kolagen dalam kulit justru mempercepat penuaan dan membuatmu tidak tampak awet muda.

3. Hormon kortisol meningkat

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/f032806b819a98d47a9bd0f3cfa12438.jpg

Kurang tidur memicu kenaikan produksi hormon kortisol yang mengganggu kinerja imun tubuh kamu. Hormon kortisol yang tinggi menyebabkan peradangan pada kulit dan memperburuk kondisi kulit sensitif. Salah satu bentuk peradangan pada kulit ini adalah jerawat.

Agar dampak buruk kurang tidur tidak muncul pada kulit wajah, tentunya kamu harus imbangi perawatan kulit dari dalam dan luar tubuh. Mulai dari memenuhi kebutuhan tidur 7-8 jam setiap malam, memerhatikan konsumsi makanan yang sehat, dan olahraga teratur.

Pastikan untuk membersihkan wajah dari kotoran sebelum tidur untuk mencegah penyumbatan pori-pori dan munculnya jerawat. Gunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk kamu dan gunakan secara teratur.

Kamu juga bisa coba alternatif alami dengan mengonsumsi ramuan herbal. Sadabhumi meracik campuran 14 ramuan herbal khusus untuk mengatasi permasalahan kulit kusam dalam satu produk, yaitu Sadabhumi Glow.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/7734339eeb8cd9195b4b3153f8a8d987.jpg

Penasaran dengan cara kerja dan manfaat lengkap Sadabhumi Glow? Cari tahu sekarang dan dapatkan produknya secara online melalui link ini. Kamu juga bisa melakukan konsultasi online dengan tim Sadabhumi melalui WhatsApp +62 821-3620-0480.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya