Artikel Sadabhumi

Hati-hati, Berikut Makanan yang Harus Dihindari Saat GERD

Ferdian

Kesehatan

14 May 2024

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/57f115e3a426544d48732467d9484ab8.jpg GERD adalah salah satu gejala penyakit yang dipicu gas atau zat asam di dalam tubuh dimana lambung naik ke atas melalui kerongkongan setelah makanan masuk dan mengakibatkan sistem pencernaan terganggu. Penyebabnya karena sering menunda atau telat makan hingga kurangnya gaya hidup yang baik seperti stres dan makan-makanan yang tidak sehat, contohnya makanan lemak.

Namun, perlu diperhatikan kebiasaan pola makan yang bisa menyebabkan GERD. Makanan juga menjadi salah satu pemicu GERD seperti makanan pedas, asin, dan berminyak. Jika tidak ditangani dapat memperburuk kesehatan maka sebaiknya kita pantang terlebih dahulu dari makanan tertentu yang dikonsumsi sehari-hari saat menderita GERD. Berikut beberapa makanan yang harus dipantang dalam kondisi GERD:

1. Makanan Pedas

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/d2b2ad142005e533581078112d26494e.jpg Cabai di dalam makanan mengandung capsaicin yang memiliki sensasi pedas namun jika dikonsumsi berlebihan dapat mengakibatkan iritasi pada lambung. Jadi bagi kamu yang suka makanan pedas seharusnya perlu membatasi untuk mengonsumsinya.

2. Makanan yang Berminyak

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/76d45b09601d391d3e7139b38d963242.jpg Jika sedang menderita GERD lebih baik dipantang karena mengandung lemak tinggi seperti gorengan. Makanan ini dapat mempengaruhi kinerja pencernaan yang membuat asam lambung naik, dapat memicu heartburn atau ulu hati yang terbakar bahkan memperlambat pengosongan lambung.

3. Buah dan Sayur-sayuran

Walaupun buah menyehatkan tubuh kita tetapi sementara kita hindari terlebih dahulu karena mengandung Vitamin C dan memiliki rasa asam yang cukup tinggi seperti nanas dan jeruk. Buah-buahan yang rasa asam dapat menyebabkan GERD sehingga otot esophagus menjadi lemah.

4. Makanan Asin

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/cb69122fc6f03f38689f701385d41dfb.jpg Selain makanan pedas dan asam, makanan asin bila dikonsumsi berlebihan dapat mengakibatkan GERD atau meningkatnya asam lambung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan asin mengandung natrium tinggi dapat memicu refluks lambung. Sebaiknya perlu dibatasi konsumsi makanan asin untuk mencegah timbulnya penyakit GERD.

Penyakit GERD dapat dicegah dengan mengatur pola gaya hidup yang sehat, menjaga pola makan yang teratur dan tidak menunda-nunda waktu. Informasi ini cukup membantu untuk kamu sebagai penderita GERD mengenai makanan yang harus pantang atau tidak. Bagikan ke teman atau keluarga dengan melalui media sosial atau lainnya

Ada artikel terbaru lainnya di Sadabhumi

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya