Artikel Kesehatan Holistik

Gula Hingga Garam, Ini 5 Makanan yang Harus Dihindari Agar Awet Muda

Sadabhumi

Kesehatan

27 Oct 2023

Makanan yang masuk ke tubuh kita berpengaruh besar bagi kesehatan secara keseluruhan, termasuk dalam proses penuaan. Tak sedikit dari kita yang sulit menjaga pola makan, sehingga memengaruhi tampilan dan membuat kita nampak lebih tua. Ada beberapa makanan yang dapat memperlambat maupun mempercepat proses penuaan. Kira-kira, apa saja makanan yang harus dihindari agar dapat awet muda?

  1. Makanan manis

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/e117c6795467eee469ffe544c1ced541.jpg

Kandungan gula yang cenderung tinggi dalam makanan manis menjadi penyebab masalah kulit keriput dan berjerawat. Hal ini karena gula memicu kerusakan kolagen pada kulit yang membuat kulit kehilangan elastisitas.

Gula tetap dibutuhkan oleh tubuh untuk mencukupi energi harian. Kamu bisa memenuhi kebutuhan gula dengan menggunakan gula alami dari buah sebagai gantinya.

  1. Makanan asin

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/c80a24c4fe452e8e5c6bc82b89e42672.jpg

Tak sedikit orang yang menyukai makanan asin, contohnya keripik. Namun, kandungan garam dalam makanan asin menyerap air pada kulit yang menjadikan kulit menjadi kering dan rentan berkeriput. Terlebih, terlalu banyak mengonsumsi makanan asin memicu tekanan darah tinggi.

  1. Gorengan

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/57a31ea8d668457215b473db4ef1a0fe.jpg

Makanan yang digoreng dengan minyak panas seperti kentang goreng dan ayam goreng mengandung lemak jahat yang membuat tubuh obesitas, mempercepat proses penuaan hingga merusak elastisitas kulit.

Kamu bisa memilih makanan yang direbus, atau mengganti minyak jenuh dengan minyak yang lebih sehat seperti olive oil.

  1. Makanan olahan

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/95c5774f37ab7c3f0df1d753853a674f.jpg

Makanan olahan mengandung bahan kimia dan pengawet yang rendah gizi. Tentunya hal ini memberikan banyak dampak negatif bagi tubuh, salah satunya memengaruhi kesehatan kulit.

Kamu bisa mengganti makanan olahan dengan rajin mengonsumsi makanan segar dan alami seperti buah, sayur, dan daging segar.

  1. Alkohol

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/3632133fcfbae44dda3f568562f6a195.jpg

Kamu yang suka mengonsumsi alkohol harus mulai menggantinya dengan air putih. Pasalnya, alkohol dapat mengurangi kadar vitamin A yang merupakan antioksidan alami pada tubuh dan berperan penting dalam memproduksi kolagen. Akibatnya, kulit akan cepat menua dan berkeriput.

Menjaga penampilan agar tetap awet muda dapat dimulai dengan memerhatikan asupan yang masuk ke tubuh kita. Kamu bisa mengganti makanan yang tidak sehat dengan makanan kaya nutrisi seperti buah, sayur, dan daging berprotein.

Makanan memang bagian penting untuk menjaga kesehatan tubuh, jangan lupa imbangi dengan olahraga teratur, hindari merokok dan stress, dan perbanyak minum air putih.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya