Artikel Sadabhumi

Digital Decluttering, Cara Menikmati Hidup Lebih Tenang

Sadabhumi

Kesehatan

02 Sep 2023

Pernah merasa stress dengan semua notifikasi dan dokumen-dokumen yang berserakan di perangkat digitalmu? Belum lagi, notifikasi dari media sosial sering mengalihkan perhatian kita secara tiba-tiba.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/05fb670b26d8de2424182b650093cd5a.jpg

Informasi yang berlebihan mengakibatkan otak kita bekerja kurang efisien dan menurunkan fokus. Bukan hanya itu, konsumsi digital berlebihan juga berdampak pada kesehatan mental.

Kamu butuh digital decluttering. Digital decluttering berarti membersihkan dan mengorganisir semua data dan informasi di perangkat digital kita. Hal ini membantu kita menikmati hidup dengan lebih tenang dan teratur.

Bagaimana melakukan digital decluttering?

1. Matikan notifikasi yang tidak perlu

Atur notifikasi di ponsel maupun laptopmu. Nyalakan notifikasi yang penting saja, misalnya notifikasi e-mail dan WhatsApp. Notifikasi tidak penting yang terlalu banyak dapat mengganggu konsentrasi.

2. Merapihkan file dan aplikasi di perangkat digital

Coba evaluasi lagi aplikasi yang pernah kamu unduh, namun jarang bahkan tidak pernah lagi kamu gunakan. Hapus aplikasi-aplikasi tersebut dan bebaskan sedikit ruang pada perangkat digitalmu.

Dokumen-dokumen di ponsel dan laptop juga perlu dirapihkan lagi, hapus semua dokumen yang tidak lagi digunakan atau simpan di penyimpanan digital seperti Google Drive.

3. Merapihkan e-mail secara berkala

Sering terima e-mail iklan langganan? Segera hapus e-mail yang tidak penting dan tidak lagi dibutuhkan. Menghapus e-mail tidak penting tentunya memberikan ruang agar pesan-pesan penting tidak terlewat dan dapat terbaca.

4. Buat folder khusus

Coba buat beberapa folder khusus untuk menata dokumen-dokumen di perangkat digitalmu. Hal ini mempermudah kamu dalam mencari informasi agar tidak tercampur satu dengan yang lainnya. Contohnya, folder untuk dokumen pekerjaan, arsip foto dan video.

5. Atur jam tanpa gadget

Berikan sedikit ruang untuk dirimu santai sejenak tanpa gadget. Sebaliknya, sisihkan waktu untuk melakukan hobi dan aktivitas yang menenangkan seperti berkebun, bersih-bersih, atau membaca buku.

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/188df4134e9038509b3891f11bd3ff3f.jpg

Menerapkan digital decluttering akan membuat hidup terasa lebih tenang dan teratur. Tentunya juga membantu kamu lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting sehingga tidak stress dengan sampah digital yang menumpuk.

Digital decluttering juga salah satu cara kita untuk mengurangi jejak karbon digital, merawat perangkat digital agar lebih tahan lama, dan tidak menyebabkan sampah elektronik.

Jadi, berapa jumlah foto di galeri ponsel kalian saat ini? Coba cek sekarang dan mulai digital decluttering.

Bagikan artikel ini ke keluarga, saudara, dan teman untuk menerapkan digital decluttering bersama, yuk! Baca juga artikel Sadabhumi lainnya di sini.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya