Artikel Kesehatan Holistik

6 Prinsip Ini Diterapkan Orang Jepang untuk Hidup Bahagia

Dandy

Kesehatan

11 Jul 2023

Jepang terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk hidup karena masyarakatnya menjalani hidup dengan menerapkan beberapa filosofi dan prinsip yang mereka percaya mampu meningkatkan kebahagiaan.

Berikut ini beberapa prinsip hidup ala orang Jepang yang dapat membantu kamu meningkatkan gaya hidup agar lebih bahagia.

1. Oubaitori

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/3cd739593b1a72c1ebadd8d398d586df.jpg

Oubaitori merupakan idiom dalam Bahasa Jepang yang bermakna “empat pohon yang mekar di musim semi”. Oubaitori mengingatkan kita untuk tidak membandingkan diri dengan orang lain, karena tiap orang memiliki waktu “mekar” masing-masing.

Konsep oubaitori ini sangat bermanfaat untuk mengingatkan kita fokus pada diri sendiri.

2. Kaizen

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/3940e0dab97f7e11ebe671fc2580daae.jpg

Kaizen adalah gabungan dari dua kata dalam Bahasa Jepang yang secara bersama diterjemahkan menjadi “perubahan yang baik”. Namun, Kaizen di sini dimaknai sebagai “peningkatkan keberlanjutan”.

Prinsip kaizen mengajarkan kita mengubah hidup kita menjadi lebih baik dengan secara konsisten melakukan perubahan-perubahan kecil.

3. Wabi-sabi

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/df4cc2cc68974fc9ae5ec012886b9288.jpg

Wabi-sabi merupakan filosofi hidup orang Jepang untuk menerima ketidaksempurnaan dengan melihat keindahan di dalamnya.

Wabi-sabi mengajak kamu untuk lebih fokus pada keindahan yang dimiliki dan bukan pada hal yang tidak dapat kamu terima. Filosofi ini cocok buat kamu agar tidak terus menerus mengejar kesempurnaan.

4. Ikigai

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/dc70f52c7078dbe4fbcea1fb98d6786e.jpg

Ikigai berasal dari bahasa Jepang “iki” yang berarti kehidupan, dan “gai” yang berarti nilai. Ikigai merupakan konsep dan cara pandang yang mengajarkan kita untuk memahami nilai kehidupan yang kita jalani.

Tentukan alasan kamu bangun setiap pagi. Jadikan alasan itu sesuatu yang kamu kuasai, sukai, dan dibutuhkan oleh banyak orang.

5. Gaman

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/84314595e9e7411951225339a6b8d44a.jpg

Gaman adalah istilah Jepang yang dapat diterjemahkan sebagai ketekunan, kesabaran, dan toleransi. Gaman juga diartikan sebagai “menanggung kesulitan dengan kesabaran”.

Prinsip ini mengajarkan kita untuk mengendalikan diri dengan ketekunan dan ketabahan dalam menghadapi masa-masa sulit dalam hidup.

6. Kintsugi

https://sadabhumi-cdn.sgp1.digitaloceanspaces.com/cms/373f04129f882bff27e4f2498b3f8d39.jpg

Kintsugi adalah seni Jepang untuk menyatukan kembali pecahan tembikar dengan emas, alih-alih memperbaikinya seperti baru, teknik ini justru menunjukkan keunikan dari pecahan itu.

Teknik ini juga memberikan pelajaran penting dalam menjalani kehidupan. Terkadang dalam proses memperbaiki kekurangan, kita dapat menciptakan sesuatu yang lebih unik dan indah.

Itu dia beberapa filosofi dan prinsip hidup orang Jepang yang diterapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari dengan tujuan mencapai kehidupan yang lebih bermakna dan bahagia.

Kira-kira, filosofi yang mana, nih, yang cocok dengan dirimu? Coba bagikan artikel ini ke keluarga, saudara, dan teman untuk berdiskusi.

Baca juga artikel lainnya dari Sadabhumi di sini.

Bagikan

Sadabhumi Personalized Jamu

Saatnya mencoba

herbal berkhasiat dalam

Personalized Jamu

Artikel menarik lainnya